MTQ Asahan Ke-52 Dibuka : Bupati Berharap MTQ Mampu Menyuguhkan Nuansa Religius

  • Bagikan
MTQ Asahan

membaranews.com (Asahan)

Bupati Asahan H. Surya, BSc berharap pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan dan Kecamatan mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan sehingga masyarakat bisa merasakan MTQ bukanlah sekedar kegiatan keagamaan tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial.

MTQ Ke-52 dibuka Bupati Surya di Gedung Tahfidz Mesjid Agung Kisaran, Senin,(15/02-2021).

Bupati mengatakan, harus disyukuri dari tahun ketahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain meskipun belum maksimal.

“Saya berharap penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di desa/kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri. Itu untuk meningkatkan nuansa keagamaan di Asahan,”ujar Surya.

Surya berharap kepada seluruh yang terlibat khusus para qari, hafidz, dan penggiat Al-Qur’an untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani. Yakni,dalam mengasah kemampuan sehingga bukan dari kuantitas.tapi dapat diperhitungkan dari segi kualitasnya.

Kepada seluruh kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik sehingga pada akhir pelaksanaan akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan.

Nantinya pemenang akan menjadi duta Kabupaten Asahan pada even Seleksi Tilawatil Qur’an tingkat provinsi. “Saya harap kepada Dewan Hakim melakukan penilaian terhadap pemenang dengan objektif sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Surya.

Ketua panita palaksana Drs. John Hardi Nasution, M.Si mengatakan, kegiatan MTQ dilaksanakan tanggal 15 s/d 19 Februari 2021diikuti 725 peserta dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Diperlombakan, cabang Tilawah Al-Qur’an bertempat di mimbar utama dengan katagori perlombaan golongan Dewasa putra/putri 49 orang. Golongan remaja putra/putri 50 orang, golongan anak-anak putra/putri 50 orang, golongan tartil putra/putri 50 orang.

Cabang hifzil qur’an katagori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung Kisaran. Golongan 10, 20, 30 juz diruang Sekretaris LASQI , golongan 1 juz dan tialawah putra/putri 49 orang.

Golongan 5 juz dan tilawah putra/putri 46 orang, golongan 10 juz putra/putri 33 orang, golongan 20 juz putra/putri 9 orang, golongan 30 juz putra/putri 6 orang.

Sedangkan, cabang khattil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori golongan naskah putra/putri 43 orang,golongan dekorasi putra/putri 38 orang, golongan hiasan mushaf putra/putri 44 orang.

Untuk cabang fahmil qur’an bertempat di SMP Negeri 2 Kisaran dengan katagori cabang fahmil qur’an putra/putri 129 orang, abang syahril qur’an di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan Katagori cabang syahril qur’an putra/putri 129 orang.

Bagi peserta terbaik akan diberikan penghargaan dari Pemkab Asahan berupa piagam, trophy,uang tunai dan diberangkatkan haji bagi peseta terbaik hafiz 30 Juz.

Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ sejatinya adalah berlomba untuk menunjukkan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-qur’an.Namun harus berlomba untuk menjadi akhlak dan prilaku terbaik dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya,pelaksanaan MTQ selain sebagai sarana menjaga kemurnian Al-qur’an juga adalah sarana dakwah Islamiah. Yakni,menyebarkan syiar Islam melalui lantunan-lantunan merdu ayat-ayat Al-qur’an, mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiah.

Hadir acara pembukaan , unsur Forkopimda Kabupaten Asahan Pj. Sekda, Ketua TP PKK dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan.(Hendra)

Foto :
Bupati Asahan H. Surya Bsc melepas balon tanda dibulanya MTQ Tingkat Kabupaten Asahan. (ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *