Puluhan Wartawan Bahas Perkembangan Toba Caldera Resort.

  • Bagikan
Kepala Divisi Umum BPODT Mosanda Tampubolon menyampaikan paparan kepada wartawan tentang pengelolaan Toba Caldera Resort.(Foto : Istimewa

Parapat I membaranews.com

 

Toba Caldera Resort (TCR) di Desa Sibisa Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Sumatera Utara terus dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Kawasan TCR ini dikembangkan di lahan tepi Danau Toba seluas 386,72 hektar.

Berbagai fasilitas dipersiapkan di lahan The Kaldera Toba Nomadic Escape, seperti Glamour Camping (Glamping), Bobocabin, kafe, points UMKM, points foto spot Jokowi hingga wahana bermain anak-anak,kata Kepala Divisi Umum BPODT Mosanda Tampubolon dalam kegiatan Kunjungan Media dan Diskusi Terpumpun di Kawasan TCR, Selasa (10/10/2023).

Kegiatan diikuti 40 wartawan tergabung dalam Forum Wartawan Unit Pemprov (FWP) Sumut.

Kawasan TCR dibuka 4 April 2019 oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya,ujar Mosanda didampingi Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT Nelson Lumban Toruan, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BPODT Deti Silaban.

Dalam diskusi dipandu Benny Pasaribu, banyak informasi terungkap tentang sejauhmana kewenangan dan program BPODT yang mesti diinformasikan secara benar ke publik.

Di lahan TCR akan dibangun fasilitas seperti hotel, parking hub dan wahana wisata melibatkan investor nasional dan asing sehingga, kawasan ini dapat berkembang maju seperti Kawasan Wisata di Bali.

“Ada beberapa investor ikut serta melakukan pengelolaan bisnis antara lain restoran dengan menyewakan lahan dan bagi hasil. Ada parking hub dan fasilitas lainnya,” ucap Mosanda.

Kawasan TCR dirasakan semakin terkenal di nusantara dan internasional pasca kunjungan Presiden Joko Widodo 30 Juli dan viral dengan ada spot foto Jokowi.

Mosanda menjelaskan, BPODT merupakan Satker dari Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Memiliki dua fungsi tugas.

Yakni, pengelola lahan Toba Kaldera Resort dan fungsi koordinatif dengan melakukan kordinasi dengan stekholder di Danau Toba, seperti melakukan kordinasi dengan 8 Bupati dan Gubernur dalam pengembangan Danau Toba.

Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT Nelson Lumban Toruan mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari kalangan jurnalis bertugas di Pemprov Sumut.

Mitra strategis adalah wartawan untuk menyampaikan informasi yang ada disini. BPODT mengucapkan terima kasih atas kedatangan di Kaldera Toba. Kirim salam bapak Dirut BPODT, Jimmy B Panjaitan sedang tugas diluar.

Ketua FWP Sumut, Zulkifli Harahap mengucapkan terima kasih atas sambutan dari BPODT dan jajaran di Kawasan TCR. Kedepan diharapkan ada kolaborasi antara jurnalis dengan stekholder dalam pengembangan Danau Toba.

Kunjungan 40 wartawan ini merupakan program Pemprov Sumut melalui Dinas Kominfo dalam menyebarkan informasi pembangunan di Sumut,kata Zul Harahap.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *