Halal Bihalal Pesantren Darul Mursyid Tumbuhkan Rasa Kebersamaan dan Penyempurnaan Amal Ibadah.

  • Bagikan

Pimpinan, guru dan karyawan Pesantren Darul Mursyid bersalaman saling maaf-memaafkan dengan santri. (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara melaksanakan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H bersama guru, karyawan dan santri, Senin (22/04/2024).

Kepala Divisi Humas dan Pemberdayaan Umat PDM Asep Safa’at Siregar mengatakan, kegiatan Halal Bihalal di Pesantren Darul Mursyid merupakan salah satu agenda rutin setiap tahun. Tujuannya menumbuhkan rasa kebersamaan dan penyempurnaan amal ibadah di bulan yang Fitri serta sebagai pembentuk karakter bagi seluruh santri bahwa sesama muslim sudah seharusnya saling memaafkan.

Acara Halal Bihalal diawali dengan shalawat dan doa bersama untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid serta diberikan kesembuhan untuk santri dan guru yang sedang sakit.

Kegiatan juga dirangkai dengan pelepasan secara simbolis tim olimpiade sains Matematika tingkat Internasional yakni TIMO akan bertanding di Thailand akhir April 2024 dan tim olimpiade OSPO akan bertanding di tingkat Provinsi pada Mei 2024.

“Kita doakan sampai ke tingkat Nasional dan meraih prestasi membanggakan bagi orang tua, guru dan negeri ini,” ucap Asep Safa’at.

Maulana Yusuf, salah satu santri berprestasi Kelas XI mengucapkan syukur bahwa kegiatan Halal Bihalal berjalan lancar dan khidmat.

“Mudah-mudahan segala dosa dan kesalahan bisa terhapus dengan kegiatan saling memaafkan ini dengan terus meningkatkan hubungan silaturahim diantara sesama warga Pesantren Darul Mursyid,” tutur Yusuf.

Direktur PDM Yusri Lubis menyebutkan, kegiatan Halal Bihalal antar santri, ustadz dan seluruh komponen Pesantren Darul Mursyid adalah semangat dalam berjihad untuk kejayaan santri.

Dengan semangat kebersamaan, kegiatan Halal Bihalal tahun ini tidak hanya menjadi ajang silaturahim tetapi juga sarana untuk memperkokoh pondasi keislaman dalam pendidikan yang dijunjung tinggi oleh Pesantren Darul Mursyid.

“Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menginspirasi setiap langkah yang akan diambil ke depannya,” ucap Yusri.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR) selaku pengelola PDM menyampaikan, selain sebagai penyempurna amal ibadah dan pembentukan karakter peserta didik, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim di bulan Syawal yang penuh berkah ini.

Jafar berharap, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya sekedar seremonial semata namun harus dijadikan sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di lingkungan pesantren. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *