Bupati Dolly Pasaribu Beri Indahan Upa-Upa ke Calhaj Setdakab Tapsel.

  • Bagikan

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu (dua kanan) bersama Penasehat DWP Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu (kanan) memberi indahan upa-upa kepada Calhaj Setdakab Tapsel, Rabu (07/05/2024). (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu memberi indahan (nasi) upa-upa kepada jemaah Calon Haji (Calhaj) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tapsel di rumah dinas Sekda Komplek Perkantoran Pemerintahan Tapsel Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (08/05/2024).

Dolly Pasaribu mengatakan,pemberian indahan upa-upa merupakan sebuah tradisi di tanah Angkola termasuk juga Kabupaten Tapsel. Dimana hal tersebut merupakan suatu bentuk acara permintaan doa atau nasihat dengan harapan, setelah upa-upa diberikan kesehatan dan keselamatan, juga mendapat perlindungan dan keberkahan.

Tradisi upa-upa ini sudah ada sejak dulu yang terus-menerus dilestarikan hingga saat ini di daerah tanah Angkola khususnya.

“Indahan pangupa sendiri bermakna nasihat dan doa dalam hal ini menjadi penyemangat bagi calon haji Setdakab,” ujar Dolly Pasaribu.

Bupati mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh Calhaj Setdakab Tapsel, antara lain Sekda Tapsel Sofyan Adil bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tapsel, Kabag Tapem Yohanes bersama istri dan Kasubbag pada Bagian ULP Jonhar bersama istri.

Selama 40 hari melaksanakan ibadah haji, Dolly berharap agar para jemaah haji dijauhkan dari segala larangan haji dan Calhaj Tapsel diberi pertolongan Allah SWT.

“Kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT mempermudah dan membuka jalan bagi seluruh jemaah haji Tapsel untuk melaksanakan rukun dan wajib haji, begitupun sunnah-sunnahnya,” tutur Bupati.

Dolly mendoakan selama pelaksanaan haji nantinya para jemaah asal Tapsel diberikan kesehatan. Paling utama cocok dengan iklim cuaca, suasana dan makanan di tanah suci sehingga mendapatkan kekuatan saat melaksanakan ibadah haji.

Bupati berpesan kepada para ASN dan anggota DWP Setdakab Tapsel agar melaksanakan kurban di Idul Adha mendatang.

Sudah menjadi kebiasaan Pemkab Tapsel berbagi kurban di desa terpencil, kepada muslim di daerah minoritas yang tidak ada berkurban karena mungkin pendapatan masyarakatnya tidak baik.

“Semangat berbagi di hari raya terus kita gelorakan,” kata Dolly.

Penasehat DWP Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu turut mendoakan para Calhaj agar senantiasa diberikan kesehatan saat melaksanakan ibadah haji dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan ibadah haji hingga kembali ke tanah air.

“Insya Allah selalu diberi kesehatan, itu yang paling kita harapkan dari bapak/ibu semua yang berangkat nantinya,” ucap Rosalina.

Rosalina menambahkan, dengan kondisi tubuh yang sehat pada saat melaksanakan ibadah haji maka segala urusan pun lancar sehingga tidak ada ketinggalan apapun yang nantinya dapat membuat kita kekurangan saat melaksanakan ibadah haji.

Sekda Tapsel Sofyan Adil mewakili Calhaj mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dolly Pasaribu telah memberi indahan upa-upa.

Sofyan meminta doa agar diberi kesehatan dan keselamatan saat menjalankan ibadah haji.

“Saya juga akan berdoa untuk masyarakat Tapsel agar menjadi lebih maju, sehat, cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Tapsel,” ucap Sofyan. (Borneo/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *