Bupati Dolly Tutup MTQ Ke-56, Muara Batang Toru Juara Umum MTQ dan Sayur Matinggi Juara Umum MQK.

  • Bagikan

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu didampingi Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu menyerahkan tropi bergilir kepada Kecamatan Muara Batang Toru Juara Umum MTQ Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel. (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu secara resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel ditandai dengan pemadaman lampu mimbar dan kumandang suara adzan di lapangan bola Patuan Muda Parlindungan Desa Tolang Kecamatan Sipirok, Minggu malam (28/04/2024).

Pada penutupan tersebut, Kecamatan Muara Batang Toru berhasil meraih Juara Umum pada ajang MTQ dan Kecamatan Sayur Matinggi berhasil meraih Juara Umum pada Musabaqah Tilawatil Qutub (MQK) Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2024.

Bupati Dolly Pasaribu mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi semua pihak telah menyukseskan MTQ Ke-56.

Begitu juga kepada pihak Kecamatan Sipirok sebagai tuan rumah dan seluruh masyarakat sehingga berlangsung dengan sukses, aman dan lancar tanpa gangguan apapun.

Dolly juga menyebutkan, transaksi UMKM selama MTQ Ke-56 dimulai dari 26-28 April sebesar Rp.598.650.000. Artinya terjadi pergerakan ekonomi yang signifikan dari pelaksanaan MTQ ini.

“Semoga berkah untuk masyarakat Sipirok dan sekitarnya. Harapan kita bersama pergerakan ekonomi semakin meluas di daerah Tapsel khususnya pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi mendatang,” ucap Dolly.

Bupati berharap, ke depan pelaksanaan MTQ di Tapsel tidak hanya sebagai ajang perlombaan semata namun juga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tadi kita bersama-sama telah mendengarkan pengumuman hasil akhir dari penyelenggaraan MTQ Ke-56. Kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih juara kami ucapkan selamat,” ujar Bupati.

Dolly berpesan jangan cepat berpuas diri. Teruslah giat berlatih, tingkatkan prestasi karena setelah ini akan menghadapi tantangan yang lebih berat yaitu MTQ Tingkat Provinsi Sumut.

Bagi peserta yang belum berhasil jangan berkecil hati, kesempatan masih terbuka lebar.

“Jadikan hasil yang diperoleh hari ini menjadi bahan evaluasi untuk berbenah dan mempersiapkan diri pada MTQ yang akan datang,” pesan Dolly.

Bupati juga mengapresiasi para peserta yang tetap menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan rumah pemondokan.

Ketua DPRD Tapsel Abdul Basith Dalimunthe mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan MTQ Tingkat Kabupaten Tapsel serta juga mengucapkan selamat kepada para juara.

“Semoga bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Tapsel yang kita cintai ini,” ucap Abdul Basith.

Kepada yang belum beruntung, Basith meminta untuk terus berusaha dan berlatih, jangan pernah putus asa.

“Sebab kegagalan hari ini merupakan suatu langkah awal untuk menjadi juara nantinya,” kata Basith.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Panitia Hamdan Zen menjelaskan, ada tujuh paket umrah diberikan kepada qari dan qariah terbaik yakni 3 paket umrah dari Bupati Tapsel, 1 dari PT Bank Sumut Cabang Sipirok, 1 dari PT Agincourt Resources (PTAR), 1 dari PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) dan 1 dari PT ANJ.

Hamdan menyebutkan, ada 193 peserta terbaik yang diperoleh dari berbagai bidang dan akan memperoleh kehormatan berupa hadiah dari Pemkab Tapsel.

Juara Umum pada MTQ Ke-56 Tapsel yakni Kecamatan Muara Batang Toru, Juara II Kecamatan Sayur Matinggi dan Juara III Kecamatan Angkola Timur.

Sementara untuk MQK yaitu Kecamatan Sayur Matinggi berhasil meraih Juara Umum, Kecamatan Angkola Barat Juara II dan Kecamatan Batang Angkola Juara III.

Adapun para kafilah mendapat tiket umrah diberikan kepada Hasan Marzuki Tambunan terbaik I Tafsir Qur’an bahasa Indonesia putra asal Kecamatan Muara Batang Toru, Mubarik Ritonga terbaik I Mujawwid remaja putra asal Kecamatan Sipirok, Ayu Alda Rafiah Sihombing terbaik I Qiraatul Kutub Ulya Lughah putri asal Kecamatan Marancar, Hairil Hutabarat terbaik I Hifzil Qur’an 10 juz putra asal Kecamatan Angkola Barat, Saimi Putri Daulay terbaik I Hifzil Hadist 100 Hadist putri asal Kecamatan Muara Batang Toru, Ainul Bahri Pohan dewan hakim dan Syah Iran Sy Harahap dewan hakim. (Borneo/Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *