Gerakan Nasional Hirdrasi Sehat Serukan Edukasi Pemilihan Air Minum Berkualitas dan Gizi Seimbang di Berastagi.

  • Bagikan

Berastagi I membaranews.com.

Memperingati usia Ke-11 Tahun, Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengadakan HYDRANATION-Gerakan Nasional Hidrasi Sehat di Berastagi Sumatera Utara pada 27 Oktober 2023.

Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga hidrasi sehat melalui air minum yang berkualitas dan pemenuhan gizi seimbang.

HYDRANATION  “Gerakan Nasional Hidrasi Sehat” 2023 merupakan hasil kerjasama IHWG FKUI dan Danone-AQUA juga berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hidrasi sehat serta cara pemilihan air minum yang berkualitas dan gizi seimbang.

Kegiatan dihadiri Dekan FKUI Prof. Dr. dr Ari Fahrial Syam, SpPDd, K-GEH, MMB, FINASIM, FACP, Dekan FK USU Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe, SpS(K), Prof. Dr. dr. Dina Keumala MGizi, SpGK, Guru Besar Ilmu Gizi Klinik  beserta Tim dari FKUSU, Ketua dan Pengurus IHWG, Camat Berastagi, Camat Dolat Rakyat, Camat Merdeka, perwakilan Bappeda dan sejumlah masyarakat Berastagi mengikuti dengan antusias.

Foto : Ketua IHWG FKUI Dr. dr. Diana Sunardi, MGizi, SpGK berbincang langsung dengan beberapa anggota masyarakat Berastagi di sela-sela cara Gerakan Nasional Hidrasi Sehat 2023.

Dekan FKUI, Prof. Dr.dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dalam paparannya mengatakan, air sebagai salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi sangat penting dalam berbagai proses dalam tubuh manusia, di antaranya sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, sebagai eliminasi sisa metabolisme.”

Prof. Dr.dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menambahkan,kita harus memperhatikan kecukupan konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap hari. Kekurangan asupan air minum dapat berakibat terjadinya dehidrasi jangka pendek yang mengakibatkan mulut kering dan haus, lemah, pusing, mood dan konsentrasi terganggu, suhu tubuh terganggu, jantung berdebar.

Apabila dehidrasi terus berlangsung dalam jangka panjang berpotensi pada gangguan yang lebih serius seperti penyakit ginjal kronis, infeksi saluran kemih, penyakit jantung, obesitas (kegemukan), kanker, dan diabetes.

Ketua IHWG FKUI Dr. dr. Diana Sunardi, MGizi, SpGK menekankan tidak hanya kuantitas perlu dicukupi tetapi kualitas air yang kita minum juga penting diperhatikan.

“Hasil penelitian IHWG FKUI mencatat banyak penduduk Indonesia – dewasa maupun anak-anak – masih kurang minum. Itu sebabnya perlu edukasi terus menerus untuk mengingatkan pentingnya konsumsi air dalam jumlah yang cukup disesuaikan dengan usia dan aktivitas agar tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Pada umumnya kita perlu minum 8 gelas atau dua liter air minum setiap hari. Sekarang yang tidak kalah penting juga memperhatikan kualitas air minum yang dikonsumsi. Air minum yang baik dan berkualitas adalah air yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, serta bebas dari cemaran dan kontaminan.Karena itu dalam menjalankan aktivitas apapun dalam keseharian, tubuh kita memerlukan asupan cairan dengan jumlah cukup serta memperhatikan kualitas airnya,ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Hydration Science Consultant Danone-AQUA, dr. Tria Rosemiarti, Dipl in Nutrition menjelaskan, air minum yang berkualitas harus berasal dari sumber yang terpilih, terlindungi dan terjaga kemurniannya. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya untuk menjaga keberlanjutan ekosistem di sekitar sumber air termasuk memberdayakan komunitas di sekitarnya agar kualitasnya selalu terjaga.

AQUA yang berasal dari sumber mata air pegunungan seperti yang diproduksi Pabrik AQUA Berastagi yang terletak di kaki gunung Sibayak telah memenuhi syarat sebagai air minum yang berkualitas dan dapat dikonsumsi secara berkala,sebut dr Tria.

Masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut berkesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dan para ahli yang hadir mengenai hidrasi sehat dan gizi seimbang serta berbagai langkah praktis perlu mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

IHWG FKUI merupakan salah satu klaster riset di dalam lingkup FKUI memiliki kepedulian utama pada hidrasi dan kesehatan. Dalam perjalanannya sejak 11 tahun lalu, IHWG selalu mengedepankan visi sebagai klaster riset yang meningkatkan ilmu pengetahuan tentang hidrasi (advancing in hydration science) dan membagikan pengetahuan terkait hidrasi dan kesehatan (sharing in hydration knowledge). (Rul/Rel)

Foto :

Dekan FKUI Prof.Dr. dr.Ari Fahrial memberi edukasi hidrasi sehat kepada masyarakat Berastagi Sumatera Utara.(Istimewa)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *