6,1 Miliar Zakat ASN Pemprov Sumut.

  • Bagikan

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyerahkan Zakat ASN Pemprov Sumut diterima Ketua Baznas Sumut Mohammad Hatta.(Foto : Istimewa)

Medan I membaranews.com

Pj Gubernur Sumatera Sumut Hassanudin menyerahkan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut sebesar Rp.6,1 Miliar kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serta menyerahkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) Triwulan I Tahun 2024 BAZNAS secara simbolis kepada penerima zakat.

Hassanudin mengatakan, zakat merupakan pondasi keadilan sosial dan ekonomi masyarakat. Untuk itu, penting bagi setiap umat Islam agar senantiasa membayar zakat.

“Mari kita jadikan zakat sebagai momentum tanggung jawab kita, agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan,” kata Hassanudin pada penyerahan ZIS Triwulan I di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur,Jalan Diponegoro 30, Medan, Rabu (3/ 4/2024)

Zakat tidak hanya sekadar kewajiban agama namun juga bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Zakat juga salah satu cara memberi kebahagiaan pada mereka yang belum beruntung.

Hassanudin mengapresiasi penggunaan zakat telah menyentuh banyak hal. Penyaluran zakat tidak hanya untuk konsumsi melainkan juga untuk pemberdayaan masyarakat.

“Kita tahu kontribusi zakat dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membantu kemalangan orang terkena bencana, membantu usaha bahkan sudah menyentuh pembangunan sanitasi, inilah zakat bisa membantu pembangunan masyarakat,” ujarnya.

Pemprov Sumut berperan dalam mendorong peningkatan zakat di Sumut. Peran pertama, Pemprov senantiasa memfasilitasi perizinan untuk meningkatkan distribusi zakat. Peran kedua, Pemprov mengakomodir kerja sama untuk menciptakan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui zakat.

Selain menyerahkan ZIS secara simbolis, Hassanudin juga membayar zakat di counter yang telah disediakan Baznas di Aula tersebut. Tidak hanya Pj Gubernur Sumut, para pimpinan OPD turut membayar zakat.

Ketua Baznas Sumut Mohammad Hatta mengatakan,jumlah ZIS Sumut dikumpulkan selama Triwulan I Tahun 2024 sekitar Rp.9 Miliar. Pada kesempatan tersebut, didistribusikan ZIS sebanyak Rp Rp.4 miliar pada para mustahik.

Zakat Sumut terkumpul pada tahun 2023 sudah tercapai yakni sebesar Rp.16 Miliar. Namun jumlah tersebut belum sebesar potensi zakat Sumut yang bisa mencapai Rp.8 Triliun.

Saat gerakan cinta zakat telah dimulai Presiden dan jajarannya beberapa waktu lalu. Gerakan ini diikuti seluruh pejabat di seluruh Indonesia. Diharapkan, dengan jajaran pemerintah membayar zakat dapat memberikan dampak besar bagi pengumpulan zakat nasional.

Hatta mengapresiasi seluruh pihak turut meningkatkan pengumpulan zakat. Menurutnya, hal tersebut membutuhkan peran serta seluruh pihak. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *