Kapolres Palas AKBP Jarot  Ajak Wartawan Tangkal Berita Hoax

  • Bagikan
Kapolres Palas Tangkal hoax

membaranews.com (Palas)

Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Jarot Yusviq Andito ,SIK mengajak seluruh wartawan bersinergi membantu kepolisian dalam menangkal berita bohong (hoax) di masyarakat ,Kamis (18/2/2021)

Permintaan itu disampaikan Kapolres Jarot saat menerima audiensi pengurus PWRI Palas yang dilanjutkan peninjauan kolam lele sebagai program ketahanan pangan ditengah pandemi Covid -19.

Kapolres didampingi Wakapolres Kompol JW Sijabat, SH , Kasat Narkoba AKP Agus Manimbul Butar -Butar, SH , Kasat Binmas ,lIptu Rahmad Saleh Nainggolan , Kasi Propam ,Ipda G.Harahap, Kasat Lantas AKP Alfian Arbi ,SH, Kasat Sabhara AKP M.Husni Yusuf,SH menyambut rombongan PWRI di Kantin Mapolres.

Kapolres terus membangun kerjasama dengan lembaga wartawan seperti PWRI sebagai bentuk sinegitas untuk terlibat dalam berbagai program sosial dan pemulihan ekonomi serta menangkal berbagai pemberitaan hoax yang menimbulkan keresahan masyarakat.

Menurut orang nomor satu dijajaran Polres Palas ini, dalam setiap detik dan menit  di media sosial banyak sekali berita.Ada berita yang objektif , aktual, kritik namun banyak pula berita hoax yang mengganggu akal sehat,.Bahkan ada yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan  bangsa serta merusak tatanan bhinneka tunggal Ika.

“Dalam kondisi yang serba teknologi digital saat ini ,tentu peran media menjadi sangat utama atau mainstrem yang dapat meluruskan hal yang bengkok, menjernihkan kekeruhan yang terjadi di media sosial sehingga memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat, ujar Kapolres.

“Media mainstream tidak ikut larut dengan isu-isu yang belum terverifikasi di media sosial sebagai bahan berita. Yang disayangkan, kalau ada trending topic di media sosial justru itu yang dipakai sebagai berita tanpa diverifikasi apakah berita itu benar atau tidak” ,kata Kapolres.

Media mainstrem ,lanjut Jarot , tidak boleh luntur dalam menjunjung tinggi kode etik jurnalistik yang menuntut faktualitas, objektivitas dan disiplin melakukan verifikasi dalam setiap pemberitaan sehingga memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

Sebenarnya,wartawan dan Polri merupakan dua lembaga yang saling membutuhkan untuk saling bekerjasama dalam menangkal berbagai hal yang menimbulkan keresahan atau ketidak kondusifan.

Untuk itu perlu dipererat silaturahmi dan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Kami berharap kemitraan wartawan dengan Polri semakin erat dan solid,” ujar Kapolres.

Ketua PWRI Palas M.Sutan Hasibuan mengucapkan terima kasih terjalinnya komunikasi dan silaturrami ,kebersamaan dalam mewujudkan kamtibmas dan situasi kondusif.(ISN)

Foto :

Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, didampingi Wakapolres ,Kompol JW Sijabat sejumlah PJU bersama DPC PWRI Palas dalam membangun kemitraan mewujudkan sinergitas Polri dan Wartawan.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *