Wabup Palas Zarnawi Tinjau Lokasi Bencana Alam Desa Janji Lobi 

  • Bagikan
Wabup Zarnawi

membaranews.com (Palas)

Wabup Padanglawas (Palas) H.Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Sekda Arpan Nasution dan sejumlah pimpinan OPD, meninjau lokasi bencana alam di Desa Janji Lobi ,Kecamatan Barumun ,Selasa (16/3/2021)

Wabup Zarnawi menyaksikan ratusan hektar lahan perkebunan dan areal persawahan berada dikawasan daerah aliran sungai (DAS) Aek Ampung Torop.

Kanal sungai sebelumnya lebar 7meter ,pasca banjir berubah menjadi lebar 30 meter dengan kondisi air cukup deras.

Akibat banjir, pipanisasi PAM Simas sarana air bersih rusak sekitar 400 meter ,lahan perkebunan dan pertanian masyarakat lebih kurang 100 hektar .

“Beginilah kondisi perkebunan dan pertanian masyarakat ,setelah pasca banjir merusak tanaman sawit dan padi petani sehingga tersisa lumpur dan balok -balok kayu diareal lahan masyarakat ,”kata tokoh masyarakat Ginda Hasibuan

Menurut Ginda , bencana banjir melulu lantakan areal perkebunan dan pertanian masyarakat sehingga berdampak terpuruknya ekonomi warga di Desa Janji Lobi.

Tidak hanya areal perkebunan dan pertanian rusak ,tapi akses jalan menuju lokasi perkebunan sepanjang 2500 meter rusak parah sehingga warga tidak bisa lagi ke kebun .

Kami berharap , pemerintah memberi perhatian melakukan perbaikan akses jalan , bantuan bibit sawit dan dilaksanakan normalisasi sungai ,kata Ginda didampingi salah seorang warga Mhd Lian.

Sedangkan akses jalan kelokasi perkebunan dan pertanian masyarakat , masih belum bisa dilalui kendaraan karena akses jalan tettimbun kayu balok melintang dan batu -batu menutup badan jalan ,ungkap Ginda.

Wabup Zarnawi disela peninjauan mengatakan, upaya akan dilakukan prioritas perbaikan akses jalan kelokasi pertanian agar bisa mengeluarkan hasil produksi pertanian

Memperbaiki dan membuat aliran air dengan pembangunan tebing bronjong untuk menanggulangi dan antisipasi banjir susulan,kata Zarnawi.

Selain itu ,kata Zarnawi,perbaikan saluran pipanisasi PAM Simas sepanjang 400 meter sehingga kebutuhan air minum masyarakat dapat terpenuhi serta kebutuhan air untuk masyarakat beribadah di masjid tidak terganggu.

Zarnawi menghimbau , masyarakat melaksanakan gotong royong dan bersedia memberi pembebasan lahan terkena pembagunan yang dilaksanakan .

Masyarakat diingatkan tetap siaga karena akhir-akhir ini cuaca sangat ekstrem untuk menjaga keselamatan dari bencana alam.

Termasuk tidak melakukan penebangan liar dihulu  sungai, tidak membuka lahan pertanian dengan cara melakukan penebangan kayu -kayu yang ada,ujar Wabup.(ISN)

Foto :

Wabup Palas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Sekda Arpan Nasution dan pimpinan OPD meninjau lokasi bencana di Desa Janji Lobi Kecamatan Barumun.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *