Bobby : Medan Banjir, Utamakan Keselamatan Warga !

  • Bagikan
Wali Kota Medan Bobby meninjau banjir di Kecamatan Medan Labuhan.(Foto : Dok-Kominfomdn)

membaranews.com (Medan)

 

Hujan dua hari Minggu-Senin (27-28/2) di Kota Medan mengakibat sungai-sungai yang melintasi Kota Medan meluap hingga menyebabkan banjir. Wali Kota Medan Bobby Nasution bergerak cepat menangani banjir kiriman tersebut.

Bobby meninjau beberapa lokasi banjir salah satunya meninjau posko penampungan warga terdampak banjir di Kecamatan Medan Labuhan.

Bobby memastikan agar warga yang mengungsi dalam kondisi yang baik dan mendapat perhatian. Bukan hanya soal makanan tapi juga kesehatan.

Bobby menemukan seorang ibu dan anaknya demam di tenda pengungsian dan mengantar warga tersebut ke tempat lebih layak.

Bobby menekankan jajaran Pemko Medan tentang evakuasi warga bermukim di pinggiran sungai dan yang rumahnya terendam air. Kesiagaan bencana penting karena kemungkinan hujan kembali turun dan air sungai naik lagi.

“Utamakan keselamatan warga saya tidak mau ada korban jiwa,” tegas Bobby dalam rapat yang digelar sebelum peninjauan.

Bobby minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan tempat dan posko menampung warga yang dievakuasi. Bahan makanan, minuman, selimut, obat-obatan harus tersedia di posko. Warga terdampak banjir benar-benar dilayani.

Banjir terjadi di Kota Medan , terparah di Kec. Medan Labuhan akibat luapan Sungai Deli dengan intensitas hujan tinggi. Ada tiga kelurahan di Medan Labuhan terkena banjir, yakni Kelurahan Besar, Martubung, Pekan Labuhan dengan total 14 Lingkungan. Jumlah rumah terkena banjir 2.586 pintu.

Ada lima kecamatan terdampak banjir yakni, Medan Barat, Medan Selayang, Medan Deli, Medan Baru dan Medan Sunggal.

Bobby meninjau banjir di Medan Deli mengendarai sepeda motor. Ada 1.000 jiwa warga terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Deli. Sedangkan di Medan Johor, genangan air terjadi di Kwala Bekala berdampak dengan 600 jiwa warga.

Di Medan Barat, ada 24 titik masih digenangi air dan warga yang terdampak banjir 1.290 jiwa. Genangan air masih tinggi terjadi di Glugur Kota dan Jalan Kol L Yos Sudarso.

Di Medan Selayang, air Sungai Babura dan Sungai Selayang mulai sejak pagi naik sehingga Jalan Dr Mansyur digenangi air. Di Medan Sunggal, beberapa tempat juga masih digenangi air.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *