May Day 2024, Bobby Ingin Kesetaraan dan Kesejahteraan Buruh Ditingkatkan.

  • Bagikan

Buruh Kota Medan Memperingati May Day 2024 di Gelanggang Olahraga Remaja Kota Medan.(Foto : Kominfomdn)

Medan I membaranews.com

Kesetaraan dan kesejahteraan buruh di Kota Medan diharapkan terus meningkat.

Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman menyampaikan hal itu kepada seluruh pimpinan serikat buruh dan pekerja se-Kota Medan dalam Pertemuan Buruh Kota Medan dalam Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) Tingkat Kota Medan Tahun 2024 di Gelanggang Olahraga Remaja Kota Medan Jalan Sutomo Ujung, Rabu (1/5/2024).

“Pemerintah terus mengupayakan dan memperjuangkan agar para buruh di Kota Medan mendapatkan kesetaraan dan kesejahteraan semakin meningkat. Salah satunya melalui peningkatan UMK dan bantuan-bantuan yang diberikan Pemko Medan kepada para buruh,kata Aulia.

Dikatakan, Pemko Medan terus berusaha agar fungsi pengawasan terhadap buruh diserahkan kepada Pemerintah Kota. Tujuannya agar Pemko Medan memiliki pengawasan yang kuat terhadap para buruh di Kota Medan.

Pak Bobby Nasution ingin agar fungsi pengawasan itu diserahkan kepada Pemerintah Kota, supaya semakin kuat kita dalam membela hak-hak buruh sebagai pejuang perekonomian, karena itu point pentingnya, ujar Aulia.

Pemko Medan tetap menyikapi tuntutan para buruh, mana yang bisa kami kerjakan akan langsung dikerjakan, ini semua demi kesejahteraan buruh kita, ungkapnya.

Aulia berharap hak-hak buruh dapat terpenuhi seluruhnya seperti hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan hak dalam perlindungan pekerjaan. Untuk itu Perangkat Daerah terkait agar melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang belum sepenuhnya memberikan hak karyawan.

“Kita bersama dengan Polrestabes Medan sudah sepakat melakukan pengawasan terhadap perusahaan belum memberikan hak berupa BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada para karyawan. Kalau ada laporan pasti akan ada sanksi kita berikan, tegas Aulia.

Kepala Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan dan Jaminan Sosial Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Hasanal Haris Harahap mengatakan, pelaksanaan peringatan hari buruh bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Pemko Medan, pengusaha dan seluruh buruh di Kota Medan.

“Momentum ini harus kita jadikan sebagai sarana penyampaian aspirasi dari para buruh.Kita ingin agar buruh semakin memiliki kompetensi dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” sebut Hasanal.

Peringatan May Day 2024 dihadiri 1.200 buruh diisi dengan berbagai kegiatan seperti pemberian bantuan sembako, lucky draw, penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan, pemberian piagam penghargaan dan hiburan.

Para buruh yang hadir juga menyampaikan pernyataan sikap dari 35 Serikat Pekerja/Buruh diserahkan kepada Wakil Wali Kota Medan.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *