Sah ! 800 Daftar Data dan 200 Data Prioritas Kota Medan Tahun 2024.

  • Bagikan

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Arrahman Pane menyampaikan paparan dalam Rapat Forum Satu Data Kota Medan.(Foto : Kominfomdn)

Medan I membaranews.com

Untuk memaksimalkan Medan Satu Data, Forum Satu Data Indonesia (FSDI) Kota Medan menetapkan 800 daftar data dan 200 data prioritas Kota Medan Tahun 2024.

Penetapan daftar data dan data prioritas dilakukan dalam rapat Forum Satu Data Kota Medan digelar Pemko Medan bersama USAID ERAT di hotel Grand Mercure, Selasa (30/4/2024).

Pertemuan dibuka Ketua FSDI Kota Medan yang juga Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar dihadiri Wali Data Kota Medan sekaligus Kadis Kominfo Arrahman Pane, Kepala BPS Kota Medan, Hafsyah Aprilia, Provincial Governance Advisor Sumut USAID ERAT, Hawari Hasibuan dan STTA USAID ERAT, Adhiawan Soegiarto hadir secara via Zoom, Kabid Statistik dan Informasi Publik, Rizka Firdahlia dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan.

Ketua FSDI Benny Iskandar mengatakan, melalui Peraturan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia mengamanatkan tentang kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah di akses dan dibagi-pakaikan.

Ditekankan pentingnya Pemko Medan memiliki data yang baik dimana data tersebut data yang akurat, relevan, terpercaya dan dapat dihandalkan. Dengan data yang baik dapat membantu Pemko Medan dalam perencanaan pembangunan yang berkesinambungan, kata Benny.

Menurut Benny, ada dua hal perlu dilakukan dalam mewujudkan kedaulatan data di Pemko Medan. Yakni, melakukan analisa dalam permasalahan pelaksanaan Satu Data Kota Medan karena sampai tahun ini Satu Data Kota Medan belum mencapai kondisi maksimal.

Selain itu diperlukan Benchmark Satu Data dengan prinsip ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi) harus dilakukan, salah satunya dengan cara melakukan studi banding ke daerah yang memiliki pengelolaan Satu Data yang lebih baik,sebut Benny.Karenanya, Benny berharap USAID ERAT dapat memfasilitasinya.

Untuk mencapai Medan Satu Data kita perlu terus melaksanakan monitoring dan evaluasi, agar Satu Data Kota Medan dapat mencapai kondisi maksimal.

Selanjutnya pertemuan diisi dengan pemaparan narasumber diantaranya Wali Data Kota Medan sekaligus Kadis Kominfo, Arrahman Pane, Kepala BPS Kota Medan, Hafsyah Aprilia dan STTA USAID ERAT, Adhiawan Soegiarto.

Dalam paparannya Arrahman Pane mengungkapkan daftar data Pemko Medan diperoleh dari data-data LPPD yang setiap tahunnya dihasilkan oleh produsen data sebanyak lebih kurang 800 data sheet yang diperbaharui setiap tahun.

Untuk daftar data prioritas merupakan data terpilih yang berasal dari daftar data yang akan dikumpulkan pada tahun selanjutnya yang disepakati dalam FSDI Kota Medan.

Data prioritas tahun ini telah disepakati sebanyak 200 data, dimana data tersebut dihasilkan 10 Perangkat Daerah yang mendukung program lima prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution, jelas Kadis Kominfo.

Menurut Arrahman, dibutuhkan dukungan, keseriusan dan kejujuran dalam memberikan data yang real dari seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan agar Medan Satu Data terwujud.

Saat ini kondisi existing data di portal data.pemkomedan.go.id sudah ada 922 data dimana peningkatannya tidak terlalu banyak dalam satu tahun belakangan ini. Kita berharap existing data di Pemko Medan dapat meningkat secara maksimal,sebut Arrahman.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *