Jalinsum Sosopan Padanglawas Longsor

  • Bagikan
Longsor

membaranews.com (Palas)

 

Tingginya intensitas curah hujan dalam sepekan belakangan di wilayah Kabupaten Padanglawas mengakibatkan sejumlah titik di Jalinsum  Kecamatan  Sosopan mengalami longsor dan nyaris putus.

Penuturan  sejumlah masyarakat dan penguna jalan yang ditemui ,Kamis  (25/3/2021) di Desa Ulim dan Aek Bargot menyebutkan,  terdapat dibeberapa  titik sepanjang jalinsum menuju Sosopan mengalami longsor dan amblas disebabkan hujan cukup tinggi.

Masyarakat mulai khawatir dan resah dengan kondisi jalinsum longsor.Jika akses jalan putus total maka daerah tersebut akan terisolir .

Kepala Desa Aek Bargot Marahamat Nasution dan Kepala Desa Sianggunan Raja Syahnan , Kepala Desa Siundol Muallim Hasibuan membenarkan kondisi jalinsum sangat rawan longsor. Apalagi curah hujan tinggi akan menimbulkan terjadinya erosi karena geografisnya dikelilingi perbukitan dan bebatuan.

Menurut Syahnan , tingginya intensitas hujan belakangan ini mengakibatkan sejumlah titik badan sepanjang jalinsum Sosopan terjadi longsor.Bahkan nyaris putus sehingga kondisi ini menjadi ancaman bagi penguna jalan saat melintas dikawasan daerah rawan longsor tersebut .

“Terdapat sejumlah titik longsor disepanjang jalinsum Sosopan ,menimbulkan keresahan penguna jalan ,” kata Syahnan .

Anggota DPRD Palas Lokot Nasution putra Kecamatan Sosopan juga mengatakan,
wilayah  rawan longsor termasuk antara desa Ulu Aer dan desa Hulim Kecamatan Sosopan atau sekitar 3,5 kilometer dari pusat ibukota kecamatan setempat .

Memang hampir setiap tahun ada perbaikan termasuk di beberapa titik rawan longsor tapi perbaikannya tidak maksimal sehingga tetap terjadi longsor.

Masyarakat berharap , Gubernur Sumatera Utara cepat melakukan perbaikan jalinsum  Sosopan.

“Sudah beberapa kali  ganti gubernur tapi  jalinsum Sosopan tetap memprihatinkan , luput dari perhatian pemerintah provinsi, ujar masyarakat.

Salah seorang warga Husein Siregar mengatakan, kondisi jalinsum Sosopan dari tahun ke tahun terus begini.Kami masyarakat hanya bisa menyaksikan longsor tanpa bisa berbuat apapun.

“Jalinsum Sosopan semakin tahun terus menjadi momok menakutkan masyarakat karena longsor terus menjadi ancaman keselamatan warga ,”kata Husein.(ISN)

Foto :

Kondisi Longsor Sepanjang Jalinsum Sosopan Padanglawas.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *