Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa Di Kabupaten Padanglawas. Tidak Ada Korban Jiwa

  • Bagikan
Banjir

membaranews.com (Palas)

Sejumlah Desa di wilayah Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padanglawas diterjang banjir bandang akibat  hujan dengan intensitas tinggi ,Jumat malam (12/3/2021) mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padanglawas Nojul Hasibuan ditemui dilokasi banjir bandang Desa Pintu Padang mengatakan, banjir bandang terjadi di  Desa Pintu Padang atau Sigiring -giring dan Desa Paringgonan Juku Desa Matondang dan Desa  Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun ,Jumat malam.

“Tujuh   rumah rusak berat dan ringan  serta dua unit mobil rusak terendam air lumpur akibat banjir bandang yang terjadi malam ini di kecamatan Ulu Barumun  ” kata Nojul.

Sampai saat ini diketahui belum ada korban jiwa atas peristiwa banjir bandang di Desa Pintu Padang . Yang paling parah terjadi di Desa Paringgonan Julu tapi berkat kerjasama masyarakat didesa itu luapan air dapat diatasi

“Kondisi air saat ini di Desa Paringgonan Julu mulai berangsur  surut dan tidak lagi meresahkan masyarakat ,” sebutnya

Melihat kondisi air masih tetap bertahan kata Nojul , tentu malam ini status siaga mengantisipasi banjir bandang susulan yang masih dikhawatirkan masyarakat .

Sekcam Ulu Barumun Damhuri Daulay membenarkan kejadian banjir bandang di Desa Pintu Padang atau Sigiring – giring telah merusak 4 rumah warga di desa tersebut .

“Luapan air setinggi setengah meter ,mengakibat tujuh rumah termasuk rumah semi permanen dan rumah papan rusak parah akibat terjangan air cukup deras ,” ungkap Sekcam

Wakil Bupati Palas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu didampingi Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin mengatakan, sampai sejauh ini  banjir tidak menyebabkan korban jiwa.

Zarnawi menuturkan,  beberapa warga terdampak banjir telah mengungsi ke aula desa, masjid dan dataran tinggi guna mengantisipasi adanya korban jiwa.

Tak hanya Desa Pintu Padang Pandang , sejumlah desa diwilayah tersebut turut dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Banjir tidak hanya merusak badan jalan desa , bahkan tujuh rumah warga telah rusak parah. “Akses ruas jalan disejumlah desa dipenuhi lumpur, sampah dan batang kayu besar yang melintang dibadan jalan.

Kondisi jalan desa belum dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua karena kondisi air masih terus meluap dibadan jalan serta dirumah -rumah warga ,”kata Wabup Zarnawi.

BPBD telah diperintahkan segera memasang tenda untuk tempat mengungsi warga sementara di Desa Pintu Padang,ujar Zarnawi.

Banjir paling parah menerjang Desa Pintu Padang/ Sigiring -giring dan Desa Paringgonan Julu Kecamatan Ulu Barumun

Tim turun  kelokasi banjir di Desa Pintu Padang terdiri dari  Polres, TNI dari Kodim 0212/TS dan Koramil 08 Barumun , Satpol PP Pemkab Palas ,BPBD dan masyarakat (ISN)

Foto :

Banjir bandang merusak 7 rumah warga, 2 mobil di Desa Pintu Padang/ Sigiring -giring.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *