Patkamla Lanal TBA Gagalkan Penyelundupan TKI Ke Malaysia

  • Bagikan
Patkamla

membaranews.com (Tanjungbalai)

 

Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lanal Tanjungbalai-Asahan menangkap sebuah kapal tanpa nama mencoba menyelundupan 36 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal di perairan Muara Sungai Asahan.

Berdasarkan informasi intelijen Lantamal I Belawan, kapal ukuran 5 GT tersebut ditangkap,Kamis dinihari (8/4/2021) sekira pukul 03.00 WIB di perairan Muara Sungai Asahan pada koordinat 99° 51,8’ T – 03° 01’ U.

Kadispen Lantamal I, Mayor Laut Edi Surya Harahap kepada membaranews.com, Kamis (8/4/2021) mengatakan, saat diperiksa  kapal kayu diawaki dua orang dan nakhoda berinisial MW membawa 36 orang terdiri dari 24 pria diantaranya 12 orang wanita dan 1 orang balita  perempuan yang diduga menjadi pekerja migran ilegal menuju negara jiran Malaysia.Sebagian disembunyikan di dalam palka agar tidak terlihat petugas.

Setelah dilakukan penggeledahan terhadap kapal, muatan dan barang bawaan.

Tidak diketemukan barang-barang terlarang namun terlihat sejumlah calon pekerja migran bersembunyi di dalam palka kapal.

Saat ini calon pekerja tersebut diamankan di Mako Lanal TBA Desa Asahan Mati Kabupaten Asahan untuk selanjutnya diserahkan ke petugas imigrasi.

Mayor Laut Edi Surya Harahap menyebutkan, dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kapal dan nahkoda adalah pelanggaran Undang-Undang No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Sedangkan pelanggaran keimigrasian akan ditangani petugas  Imigrasi Tanjungbalai- Asahan.

Terpisah,  Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, menekankan seluruh jajaran Angkatan Laut tetap waspada menjaga keamanan perairan di wilayah kerja masing-masing.

Penegasan sama dikatakan, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. Pemeriksaan kapal agar terus dilanjutkan sesuai prosedur dan tetap berkoordinasi dengan instansi yang berwenang dalam hal ini imigrasi.

Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso juga menekankan agar kegiatan proses pemeriksaan terhadap yang diduga sebagai pekerja imigran ilegal sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus penyebaran virus Covid-19 yang belum tuntas.

Dalam pemeriksaan tetap memakai masker, menjaga jarak, tidak bergerombol dan selalu mencuci tangan.(Aqil).

Foto:

Sejumlah TKI Disembunyikan Di Palka Kapal. (ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *