KAD Sumut Apresiasi Pemkab Batu Bara Raih Peringkat 2 Pencegahan Korupsi

  • Bagikan
Bupati Batu Bara Zahir memberikan cenderamata songket Batubara saat menyambut kunjungan kerja Ketua KAD Anti Korupsi Sumatera Utara M. Santri Azhar Sinaga di ruang kerjanya.(ist)

membaranews.com(Batubara)

Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Provinsi Sumatera Utara memberi apresiasi atas keberhasilan Pemkab Batu Bara meraih Peringkat 2 Tingkat Sumatera Utara serta Peringkat 17 Se-Indonesia dalam upaya pencegahan korupsi.

Hal itu disampaikan Ketua KAD Sumatera Utara M. Santri Azhar Sinaga ,SH, MH  saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Batu Bara diterima Bupati Ir H Zahir di ruang kerjanya di Limapuluh, Senin (9/11/2020).

Menurut Santri, Kunjungan kerja Ketua KAD Sumut Anti Korupsi ke Kabupaten Batu Bara sekaligus sosialisasi pencegahan korupsi dan rencana pembentukan Sub-Komite KAD Kabupaten Batu  Bara.

Santri Sinaga mengatakan, KAD Anti Korupsi Provinsi Sumut dibentuk atas dasar inisiator Komisioner KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri ) yang digagas sejak tahun 2017.  Pembentukan dan pengukuhan KAD Sumut merupakan yang ke 8 se-Indonesia, ujar Santri.

KAD dilahirkan untuk semangat pencegahan korupsi serta mediasi, sehingga Sub-Komite KAD Batu Bara nantinya diharapkan dapat melakukan edukasi tentang bahaya korupsi.

Ditegaskan,  KAD Anti Korupsi  sejauh ini bekerja dengan tetap berkoordinasi dan pendampingan dengan KPK untuk pencegahan korupsi dan bukan untuk penindakan.

“KAD  bertugas untuk semangat pencegahan dan edukasi, bukan penindakan.Nanti dengan terbentuknya Sub Komite Batu Bara diharapkan pencegahan korupsi dapat terus ditingkatkan disemua jajaran dan semua lini”, tegas Santri.

Pengurus Sub Komite Anti Korupsi Batu Bara nantinya akan direkrut dari seluruh elemen masyarakat seperti akademisi, praktisi, birokrasi, tokoh agama/pemuda, pers, termasuk swasta/ pengusaha.

Bupati Batubara Zahir didampingi Sekretaris Daerah Sakti Alam, Kabag Pemerintahan Arif Hanafiah,  Kadisparpora Syafri Moesa menyambut baik rencana pembentukan Sub-Komite KAD Sumut di Batu Bara.

“Kami sangat berterimakasih atas kunjungan serta rencana yang baik ini.Tentu keberhasilan memperoleh peringkat 2 pencegahan korupsi di Sumatera Utara akan dapat ditingkatkan dengan adanya dukungan KAD Sumatera Utara.

Pertemuan berlangsung dengan suasana keakraban  juga dihadiri Ketua Kadin Batu Bara H OK Faizal A. Djalil, SE Sekretaris KAD Sumut Sammie Hasibuan Tobing, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Pencegahan Korupsi Prof. Isa Hendrawan, dan mewakili Kadin Sumut Hendra Arbi, Kepala Sekretariat KAD Sumut Sahala Tua Siregar. (rul/rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *