Pesantren Darul Mursyid Raih Prestasi Thailand International Mathematical Olympiad 2024.

  • Bagikan

Tim Olimpiade Sains Pesantren Darul Mursyid usai meraih medali pada ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO).2024. (Foto : Istimewa)

Tapanuli Selatan I membaranews.com

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara kembali mendulang prestasi di dunia internasional melalui ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2024.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Arjun Arifin Lase menjelaskan, TIMO merupakan olimpiade Matematika untuk siswa Asia dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA-sederajat.

TIMO 2024 diikuti wakil dari 13 negara dunia, seperti Hong Kong, Indonesia, Thailand, Cambodia, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Philippines, Sri Lanka, India, Australia, Vietnam dan Brazil.

Babak final berlangsung selama tiga hari dari 26-28 April 2024 di Bangkok, Thailand.

“Alhamdulillah, atas doa kita tim olimpiade sains Pesantren Darul Mursyid sukses meraih prestasi,” ucap Arjun Arifin Lase, Senin (06/05/2024).

Rinciannya yakni santri atas nama Akmal Dwi Rizki meraih medali Perunggu. Kemudian Hikmahanto Martabe, Alya Aminah, Muhammad Fadhyl Nasution, Aldi Febriansyah dan Bintang Arya Hasibuan masing-masing meraih Merit Award.

Arjun mengucapkan terima kasih kepada Pendiri Pesantren Darul Mursyid Hj. Riana Siregar, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku pengelola PDM, Direktur PDM Yusri Lubis beserta para Wakil Direktur, seluruh guru dan karyawan Pesantren Darul Mursyid atas doa dan dukungannya.

“Semoga event Internasional yang akan datang para santri dapat meraih medali Emas dan menjadi inspirasi serta motivasi buat santri lain sehingga mengundang jawara-jawara Pesantren Darul Mursyid,” ujar Arjun.

Akmal Dwi Rizki salah satu peraih medali TIMO 2024 merasa bersyukur atas capaian prestasi ini.

“Mohon doa dan dukungannya semoga saya bisa konsisten dan tetap terus mendapatkan prestasi lagi pada ajang olimpiade-olimpiade bergengsi lainnya,” tutur Akmal.

Direktur PDM Yusri Lubis juga bersyukur atas raihan prestasi pada TIMO 2024.

“Ini adalah hasil upaya para guru pembimbing dan juga santri untuk terus konsisten dalam hal pencapaian prestasi sains,” ujar Yusri Lubis.

Yusri menyebutkan,tingkat persaingan yang semakin tinggi pada ajang TIMO harus menjadi kaca perbandingan bagi PDM menuju kemajuan pendidikan di negeri tercinta ini.

“Semoga kita terus mengukir sejarah dengan menjadi santri berprestasi dan memiliki karakter yang baik,” ucap Yusri.

Terpisah, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga mengaku sangat bersyukur atas prestasi para santri yang terus mengalami peningkatan.

“Semoga prestasi kita tetap konsisten,” ucap Jafar Syahbuddin.

Jafar juga salah satu penasehat Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara (BSPSU) ini menegaskan, sebuah harapan sangat besar sekali kepada semua pengasuh dan pembina di Pesantren Darul Mursyid untuk mendukung sekaligus mendoakan agar memberikan hasil terbaik bagi santri-santriwati.

“Kita tidak akan pernah berhenti untuk mengejar prestasi asal masih bisa dijangkau. Lanjutkan untuk kemajuan umat Islam dan bangsa,” tutur Jafar alumni S3 USM Malaysia itu. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *