150 Peserta Adu Kemampuan Di STQ Kec. Lubuk Barumun Palas

  • Bagikan
STQ

membaranews.com (Palas)

Seleksi Tilawatil Qur’an -Hadist (STQI) Kecamatan Lubuk Barumun diikuti 150 qori dan Qoriah utusan dari 24 desa wilayah kecamatan tersebut.

Mereka akan mengadu kemampuan membaca Alquran dan Tahfiz pada STQI Tingkat Kec. Lubuk Barumun yang dibuka Wabup Padanglawas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu di halaman kantor pemerintahan Kecamatan Lubuk Barumun Pasar Latong,Jumat malam. (5/2/2021).

“Mari kita jadikan momentum STQI  sebagai  sarana syiar agama dan pembentukan karakter Akhlaqul Karimah ditengah masyarakat dalam memahami dan melaksanakan isi kandungan Alquran ,”ujar Wabup

Dengan momen STQI kita mempererat Ukhuwah Islamiyah baik sesama peserta maupun masyarakat Kecamatan Lubuk Barumun.

Wabup Zarnawi berharap melalui   STQI memberikan dampak dalam proses kajian dan baca Alquran yang lebih berkualitas diantara para qori dan qoriah dalam perlombaan yang dilaksanakan .

“Dengan event STQI dapat mewarni pembentukan mental ,karakter dan akhlak sehingga nilai nilai dan etika sosial yang bersumber dari Alquran dapat menjadi tuntunan dalam kehidupan di tengah masyarakat ,”kata Zarnawi.

Wabup menekankan para peserta STQI dan Dewan Juri menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah pada masa pandemi Covid -19 .

Camat Lubuk Barumun Sulaiman Harahap mengatakan, STQI bukan semata -mata mengejar juara tapi bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pembangunan dan pembinaan umat

“Menghafal , memahami serta dapat mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan sehari -hari , itulah yang paling utama yang harus kita tanamkan ” ,ungkapnya.

Baca Juga : Wabup Zarnawi Tinjau Lokasi Persiapan STQ Tingkat Kabupaten Palas di Hutaraja Tinggi

Ketua Panitia STQ , Safril Hasibuan melaporkan, STQI diikuti 150 peserta terdiri 74 qori dan 76 qoriah dilaksanakan di Masjid Baitul Iman Desa Pagaran Jae Batu , Masjid Al Matdiyah Desa Pasar Latong ,Kantor Kecamatan Lubuk Barumun dan Ponpes Robiul Islam Pasar Latong.

Ada lima cabang dilombakan : Tahfiz 1- 5 juz ,Mujawwad ,Tafsir, Hafalan Hadits, Tahfiz 10-30 juz kategori putra dan putri.

Hadir Anggota DPRD Palas Raja Aslin Sinaloan Lubis, 24 Kepala Desa se Kecamatan Lubuk ,KUA tokoh agama,tokoh maayarakat. (ISN)

Foto :

Wabup Padanglawas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu membuka STQI Kecamatan Lubuk Barumun.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *