Vaksinasi Kota Medan sudah 35 Persen

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Capaian pelaksanaan vaksinasi di Kota Medan mencapai 35 persen lebih, standar nasional. Pemerintah Pusat menargetkan vaksinasi di daerah 35 persen. Capaian Vaksinasi tersebut merupakan dosis satu dan dosis dua, untuk dosis satu per hari ini sudah 40 persen.

“Standar nasional vaksinasi untuk didaerah 35 persen, sedangkan Kota Medan 35 persen lebih, kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis kedua bagi mahasiswa digelar BEM Sumut bersama Polri di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Jl. Garu II A Medan Amplas, Senin (6/9/2021). Hadir Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Rektor UMN Al-Washliyah Hardi Mulyono, , mewakili Pangdam I/BB, Plt Kadis Kesehatan dr Mardohar TambunanKadis Pendidikan, Adlan.

Bobby mengatakan, saat ini vaksinasi skala mikro masih berlangsung di berbagai wilayah Kota Medan. Vaksinasi juga digelar jajaran TNI-Polri sampai tingkat Polsek Jita kombain untuk mencapai target vaksinasi.

Dari 80 Faskes kita hanya mengoperasikan 41 faskes karena persoalan stok vaksin.

“Saat ini vaksin tersedia hanya 26 ribu, jika seluruh faskes dioperasikan maka per hari akan menghabiskan 16 ribu vaksin, dalam dua hari stok vaksin akan habis. Ini kita hindari maka hanya 41 Faskes dioperasikan,” sebut Bobby.

Perkembangan kasus Covid-19 Kota Medan beberapa minggu ini sudah menurun, namun untuk keluar dari status PPKM level 4 harus mendapat izin Pemerintah Pusat. Artinya selain penurunan kasus Covid-19 ada beberapa faktor yang membuat Kota Medan masih status PPKM level 4.Salah satunya tingkat mobilitas masyarakat dari kabupaten ‘ kota sekitar Kota Medan. “Ini juga menjadi penilaian Pemerintah Pusat sehingga untuk perpanjangan PPKM level 4 keputusan Pemerintah Pusat.”Kami masih menunggu” ungkap Bobby.

Pemko Medan terus melakukan 3 T khusus tracing dan testing, ditargetkan  23 ribu per hari. Pemko Medan berkoordinasi dengan klinik atau rumah sakit melakukan Swab PCR maupun Swab Antigen agar datanya masuk ke Kota Medan. Pemko Medan memperhatikan anak-anak yatim piatu.

“Dinas terkait telah melakukan pendataan, ada sekitar 300 anak menjadi yatim piatu karena orang tua meninggal dunia akibat Covid-19.Ini kami akan perhatikan dan bantu mereka, materi dan mental,” sebut Bobby. .

Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menegskan terus berkolaborasi dengan semua pihak untuk program vaksinasi. Kepolisian terus bergerak membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan dan pencapaian target vaksinasi.

Kota Medan berdasarkan hasil rapat dengan Kementerian vaksinasi di Kota Medan nomor satu, namun kami terus menggenjot vaksinasi,” ujar Panca.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *