Sandiaga Uno Kunjungi Rumah Adat Melayu Tebing Tinggi

  • Bagikan
Menparekraf Sandiaga Uno memberi motivasi UMKM Tebing Tinggi. (Foto : HL)

membaranews.com (Tebing Tinggi)

 

Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Rumah Adat Melayu Sri Menanti di Jalan Badak Kelurahan Bandar Utama Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kota Tebingtinggi, Kamis (23/6/2022).

Kedatangan Sandiaga Uno bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah disambut Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Kapolres AKBP Mochamad Kunto Wibisono, mewakili Dandim 0204 D/S, Kejari dan OPD terkait.

Tiba di rumah adat Melayu, Sandiaga Uno beserta rombongan meninjau produk UMKM lokal, mulai kerajinan batik, kain songket serta kuliner khas Tebing Tinggi.

Sandiaga Uno bersyukur bisa berkunjung kerumah adat Melayu Sri Menanti. Rumah ini memiliki potensi daya tarik wisata.Ada sanggar seni kesenian tari-tarian dan kerajinan kain songket. Selain memiliki sejarah, rumah adat Melayu akan mampu membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja,ujarnya.

Kita berharap ada kesadaran masyarakat melestarikan budaya dan mengelola rumah adat dengan baik sehingga bisa memiliki daya tarik wisata. Saat ini kita dalam situasi cukup menantang pasca pandemi. Krisis pangan dan energi mulai terasa membebani. Para ibu-ibu mengeluh karena harga pokok naik.

Tapi saya yakin, kita sudah membuat beberapa terobosan agar usaha kita berikan inovasi.Dari pengalaman saya sebagai pengusaha, sebenarnya saya yakin pemerintah akan mampu bergandengan tangan untuk menciptakan lapangan kerja. Sektor perkonomian kreatif diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja,sebut Sandiaga.

Menurut Sandiaga, salah satu produk unggulan souvenir Indonesia adalah kerajinan kain songket.Mudah-mudahan nanti bisa dilakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan kerajinan kain songket.

Terkait pemasaran hasil industri UMKM, Sandiaga menjelaskan kita memulai program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Jika Pemerintah Kota Tebing Tinggi bisa menggagas e-Katalog Lokal dan e-Katalog Sektoral, sehingga produk-produk ini bisa dibeli oleh pemerintah.

Kita butuh sekitar 500 Triliun untuk souvenir, mungkin untuk perjalanan tamu-tamu negara. Itu bisa kita arahkan untuk katalog-katalog bisa dibeli oleh seluruh 514 Kabupaten/Kota.

“Saya sangat mendukung jika programnya nanti bisa kita sandingkan kedalam program “Gerakan Bangga Buatan Indonesia” kebetulan saya Ketua Hariannya. Nanti saya tindaklanjuti,” ucap Sandiaga.

Wagubsu Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov dan masyarakat Sumut berterimakasih atas kunjungan Menteri Sandiaga Uno. Beliau begitu luar biasa perhatiannya kepada Sumut.

Kehadiran Menteri Sandiaga Uno di Sumut pasti berefek geliat parawisata. “Kalau sudah Menteri turun dan Mas Sandi bukan sekedar turun tetapi memperhatikan apa-apa perlu dibantu untuk kami di daerah,” ujar Wagubsu.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi mengucapkan terimaksih atas kunjungan Menparekraf ke Kota Tebing Tinggi. Ini suatu penghargaan cukup besar bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi. Mudah-mudahan dengan kunjungan Bapak Menteri, Kota Tebing Tinggi lebih dikenal lagi.

Kunjungan Sandiaga Uno akan menjadi motivasi untuk meningkatkan UMKM,kata Dimiyathi.

Dimiyathi juga mohon dukungan Wagubsu sehingga Tebing Tinggi bisa lebih berkembang. (HL)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *