Rp.12,450 Triliun Target Pendapatan Daerah Sumut Tahun 2022

  • Bagikan
Gubernur Edy Rahmayadi.(Foto : Kominfosu)

membaranews.com.(Medan)

 

Pendapatan Daerah Pemprov Sumut ditargetkan meningkat sekitar Rp.438,8 Miliar dari sebelumnya Rp.12,011 Triliun di APBD murni menjadi Rp12,450Triliun di Perubahan APBD (P-APBD) Tahun 2022.

Selain itu, belanja daerah ditargetkan meningkat sekitar Rp736,5 Miliar, dari sebelumnya Rp12,649 Triliun di APBD murni menjadi Rp13,386 Triliun di Perubahan APBD (P-APBD) Tahun 2022.

Perubahan ini telah disepakati melalui Keputusan Bersama DPRD dan Gubernur Sumut.Penandatanganan Keputusan Bersama dilakukan saat Rapat Paripurna DPRD Sumut di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut,Rabu (7/9/2022)

“Ini wujud rasa kepedulian tinggi kita demi keberlangsungan pembangunan Sumut,” kata Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumut.

Tidak hanya pendapatan daerah, penerimaan pembiayaan Pemprov Sumut juga meningkat. Semula ditargetkan Rp750 Miliar meningkat sekitar Rp 297,6 Miliar sehingga menjadi Rp1,047 Triliun. Sedangkan pengeluaran pembiayaan diproyeksikan tetap Rp112 Miliar. Jumlah pembiayaan netto setelah P-APBD 2022 menjadi sekitar Rp.935,6 Miliar

“Alhamdulillah ada peningkatan pendapatan sehingga putaran uang di Sumut semakin besar.

“Seluruh OPD, laksanakan program-program kalian di P-APBD 2022 dengan taat perundang-undangan, tertib, efisien dan bertanggung jawab,” tegas Edy.

Edy mengingatkan kondisi perekonomian global termasuk Sumut sedang sulit. Maka maksimalkan kegiatan yang bisa menyentuh langsung rakyat Sumut.

Inflasi kita detik ini 5,3%, sedikit menurun dari akhir Juni yang sebesar 5,6% setelah berbagai intervensi hingga ke tingkat desa. Kondisinya masih sulit, ditambah lagi kenaikan BBM, beberapa bulan ke depan perlu kita waspadai. “Jadi tingkatkan kegiatan langsung menyentuh rakyat,” kata Edy.

Edy menyinggung pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bunganya turun menjadi 3% agar diserap maksimal. Khusus KUR melalui Bank Sumut, Edy menurunkan lagi suku bunga ke angka 2%.

“Ini untuk kepentingan perekonomian kita, UKM kita lebih baik lagi karena pemanfaatan KUR di Sumut masih tergolong rendah,” ungkap Edy.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting terus mengawasi target-target ditetapkan di P-APBD 2022. Ada peningkatan pendapatan daerah langsung dirasakan masyarakat,sebut Baskami.(Rul)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *