Rektor USU Muryanto Amin dan RCEO BSI Region 2 Medan Wisnu Sunandar Teken MoU

  • Bagikan
teken MoU

membaranews.com (Medan)

 

Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan penandatangan nota kesepahaman/memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Sumatera Utara (USU) di Ruang Rektor USU, Gedung Biro Rektor Lantai III, Senin (26/4/2021).

Penandatangan MoU dilakukan Rektor USU, Dr Muryanto Amin dan Regional Chief Executive Officer (RCEO) BSI Region 2 Medan Wisnu Sunandar. Disaksikan Wakil Rektor III USU, Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, Staf Ahli WR 3 USU,Siti Salmiah, drg., Sp.KGA. dan Ka. BiroBP2KM dan Kerja Sama, Surya Darma, S.Sos.

Juga dihadiri Area Manager BSI- Area Medan Raya, Puja Nur Arief, Branch Manager BSI Cabang Medan Setiabudi, Yoserinaldi, Retail & Transaction Business Manager BSI, Dedi Iskandar Z, dan Priority Banking Manager BSI, Surianti Ramadhani.

Wilayah MoU antara lain terkait penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan, yang masuk dalam wilayah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Juga sebagai bagian dari implementasi program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka.

MoU juga meliputi pemanfaatan produk layanan Jasa dan Produk berdasarkan prinsip syariah baik untuk kebutuhan financing maupun funding bagi seluruh unit dibawah koordinasi USU.

Bersinergi

Dalam kesempatan itu, Regional Chief Executive Officer (RCEO) BSI Region 2 Medan Wisnu Sunandar mengatakan kerjasama ini merupakan pertama kalinya bagi BSI.

“Alhamdullilah, kami bersyukur mendapat kesempatan bersinergi dengan universitas terbesar di Sumatera Utara. Mengusung spirit yang sama dalam mendukung program pemerintah yaitu pengembangan ekonomi syariah sebagai bagian implementasi nilai syariah.
“Kami optimis sinergi ini dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian syariah di Indonesia,”ujar Wisnu.

Sebagai Bank Syariah modern , digital dan terbesar di Indonesia dan satu-satunya bank syariah yang masuk Kategori Buku III, BSI ingin membuka akses semudah mungkin bagi USU. “Kami siap menyediakan berbagai layanan terbaik bagi USU,” sebutnya.

Wisnu mengatakan, melalui kerjasama ini, BSI dapat mengakomodir kebutuhan seluruh civitas akademika di lingkungan USU. ”BSI siap menjadi partner yang lebih baik dalam mendukung dunia pendidikan dan pengembangan USU,” katanya. Dia berharap. Civitas USU dapat memanfaatkan produk dan layanan BSI.

Wisnu juga menjelaskan, total aset BSI mencapai Rp 240 Triliun, menjadikannya 7 besar bank di Indonesia dan memiliki 1.200 kantor cabang dan 200 ribu Jaringan ATM di Indonesia. “Semoga BSI dapat menjadi partner yang hasanah untuk USU,” ungkapnya.

Wisnu berharap, seluruh layanan produk dan jasa perbankan BSI nanti dapat menjadi pilihan baru bagi civitas USU. Dimana tidak hanya sebatas menjadi solusi kebutuhan financial semata, karena BSI hadir sebagai Sahabat Financial, sebagai Sahabat Sosial, sebagai Sahabat Spiritual bagi USU. ”Insya Allah , kerjasama ini membawa lebih banyak keberkahan,” katanya.

Rektor USU Dr. Muryanto Amin menyambut baik kerjasama dengan BSI.Nota kesepahaman ditandatangani merupakan turunan dari konsep kampus merdeka-merdeka belajar yang telah digagas Mendikbid RI.

“MoU dengan BSI tidak hanya sekedar serimonial tapi ada implementatif kedepan terutama dalam kaitan dunia kerja dan dunia industri. Sebab, filosofi substansial dari kampus merdeka itu adalah bagaimana menjadikan mahasiswa siap bertarung di dunia kerja setelah tamat,” sebutnya. Selain itu, kehadiran BSI akan memberikan banyak pilihan keluarga besar USU.

Tak kalah penting adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat menempatkan mahasiswa USU magang di BSI bahkan tidak tertutup kemungkinan bekerja disana meski melalui seleksi yang ada.

Pada prinsipnya, setiap kerjasama akan memberi manfaat positif, paling tidak bisa mengembangkan
entrepreneurship di bidang perbankan syariah, dmana USU juga memiliki fakultas ekonomi,ujar Rektor.

Bulan September 2021, USU akan melakukan kerja sama yang lebih konkrit dan komprehensif dalam berbagai hal.Termasuk penyediaan layanan payroll dan lainnya yang masih dijajaki. Kerjasama juga terkait edukasi keuangan syariah, pemberian kesempatan pengembangan kapasitas dosen dan mahasiswa. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *