PIMNAS Ke-34 Di USU, Sarana Prasarana Sudah Siap

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim akan membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke 34 di Universitas Sumatera Utara (USU) Oktober 2021.

USU untuk pertama kali ditunjuk tuan rumah PIMNAS berdasarkan Keputusan Kemendikbud Ristek melalui surat Pusat Prestasi Nasional No.0989/J3/KM.02.13/2021 tentang Penetapan Tuan Rumah Penyelenggaraan Kompetisi Jenjang Pendidikan Tinggi Tahun 2021.

Selama lima PIMNAS berlangsung di Kampus USU Padang Bulan Medan diukuti pimpinan perguruan tinggi negeri se-Indonesia dan kepala daerah di Sumut.

Rektor USU Muryanto Amin sangat gembira USU tuan rumah PIMNAS sebagai event bergengsi nasional sebagai ajang kompetisi karya ilmiah para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

“Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah dan berharap berjalan lancar,” kata Mury di ruang kerjanya, Rabu (16/6/2021)

Menurut Rektor, USU sebagai tuan rumah sudah dipersiapkan secara baik.Pengalaman telah dilalui USU sebagai tuan rumah berbagai event nasional dan internasional, setidaknya memberi modal kepercayaan diri cukup kuat untuk siap menjadi tuan rumah PIMNAS Ke-34,” tegas Rektor optimis.

Sebelumnya, kelayakan dan kesiapan USU sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi calon tuan rumah PIMNAS Ke-34 telah dinilai Tim Belmawa Kemendikbud Ristek Mei 2021. Baik ketersediaan sarana dan prasarana utama pendukung penyelenggaraan kegiatan PIMNAS, akses transportasi dan lainnya.

Wakil Rektor I USU Dr. Edy Ikhsan, SH, M.Hum menegaskan, USU akan melakukan seluruh upaya terbaik untuk mempersiapkan diri menyambut PIMNAS Ke 34.

“Menjadi tuan rumah event bertaraf nasional dan internasional dambaan setiap institusi, termasuk USU,namun dibutuhkan persiapan sangat serius agar seluruh kegiatan berlangsung berjalan lancar dan memberikan kenyamanan dan kepuasan seluruh pihak terlibat,” kata Edy Ikhsan.

Untuk kesiapan sarana fisik, USU didukung oleh lebih 40 laboratorium komputer, lebih 10 ruang multimedia, lebih 10 ruang serbaguna kapasitas 300 orang, auditorium kapasitas 3.000 orang ,kantong parkir mampu menampung beragam jenis kendaraan dalam jumlah besar.

“Jaringan internet di lingkungan kampus sangat stabil dan terkontrol untuk mengamankan penyelenggaraan kegiatan besar. Selain itu, akses menuju USU sangat mudah dijangkau, memiliki banyak penginapan berkualitas di sekitar kampus,” sebutnya.

Ketua Tim Persiapan USU Host PIMNAS Ke 34, Doli M Jafar Dalimunthe, SE, M.Si melalui telepon menyatakan kesiapan USU hampir rampung. Tim PIMNAS USU telah mempersiapkan tema akan diusung, yaitu “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal.” .Selain itu logo dan maskot PIMNAS Ke 34 telah tersedia, yakni maskot berupa Beo Nias diberi nama Beni.

Sebagai informasi, USU pernah menjadi tuan rumah beberapa event nasional dan internasional, di antaranya, IMT-GT Varsity Carnival, Rakernas Kemenristekdikti 2018, Lokakarya UI GreenMetric Wilayah Indonesia Bagian Barat, Training Ke-3 United Erasmus+, Rapat Koordinasi LPPM PTN BH, Pekan Pameran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Nasional.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *