Edy Rahmayadi Bocorkan Rahasia Menjadi Jenderal

  • Bagikan
Jenderal

membaranews.com (Magelang)

Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi mengunjungi Akademi Militer (Akmil) Lembah Tidar Kota Magelang Jawa Tengah, Minggu sore (14/3/2021).

Mantan Panglima Konstrad itu disambut meriah para taruna Akmil Tingkat IV Tahun Pelajaran 2020/202.
Sorak-sorai dan tepuk tangan khas militer pun menggema di Gedung Lily Rocli di Lembah Tidar Magelang.

Sore itu, Edy Rahmayadi dengan semangat memberi pembekalan bagi para 222 Taruna Akmil Tingkat IV. Pembekalan merupakan rangkaian Latihan Integrasi dan Kemitraan Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI/2021 direncanakan akan dilaksanakan di wilayah Provinsi Sumut April 2021.

Saat pembekalan, Edy Rahmayadi, memberi bocoran kepada taruna untuk bisa menjadi seorang Jenderal TNI.

Pertama, harus berdoa kepada Tuhan yang mempunyai segalanya, karena tanpa doa, Tuhan tidak akan memberikan kemudahan kepada manusia untuk mencapai cita-cita di dunia.

“Doa itu kekuatan luar biasa, tanpa doa mungkin saya tidak akan jadi Jenderal.Makanya hal pertama kalian lakukan adalah berdoa kepada Ilahi. Saat kalian nanti berperang, di tengah hujan peluru, kalian harus berdoa juga, jangan lupa. Minta juga doa sama orangtua, biar kalian menjadi Jenderal yang bermanfaat bagi banyak manusia. Doa orangtua itu sangat manjur,” ucapnya di tengah-tengah para taruna.

Kedua, kunci untuk menjadi jenderal adalah bermimpi hebat. Jangan bermimpi hanya jadi kolonel, tapi jadi jenderal bintang empat. “Jangan tanggung-tanggung kalau kalian bermimpi,” ungkapnya.

Mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu menegaskan, seorang jika mau menjadi Jenderal harus mempunyai kasih sayang kepada semua mahluk di dunia, karena tanpa kasih sayang, Tuhan akan mempersulit manusia untuk mencapai cita-cita yang diimpikannya.

Selanjutnya, seorang calon jenderal harus menjadi contoh dan teladan di tengah-tengah masyarakat.
“Kalau kalian tidak bisa menjadi teladan, Jenderal itu mustahil kalian dapat. Kalian lihatlah Jenderal-Jenderal yang ada disini, semuanya memiliki sifat-sifat yang mulia, gerak-geriknya bagus, omonganya baik. Sangat pantas menjadi contoh bagi semua orang.

Jangan kalian tidur-tiduran, malas-malasan disini, kalian harus berlomba-lomba menjadi yang terbaik disini. Biar kalian bisa menjadi Jenderal,”ujar  Edy.

Selanjutnya kata Edy, seorang ingin menjadi jenderal tidak mengenal kata menyerah, dalam belajar dan berlatih di Akmil. Jika telah lulus Akmil, seorang mau menjadi Jenderal harus memiliki sifat pantang menyerah dalam mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

“Jangan menyerah kalian, Jenderal-Jenderal itu tidak ada yang mengenal kata menyerah. Kalau cepat menyerah, mana bisa jadi Jenderal”,kata Edy.

Lalu kalian juga harus menjadi orang yang rela berkorban demi nusa dan bangsa. Itu kuncinya kalau mau jadi Jenderal. Disini saya titipkan bahan supaya kalian bisa baca-baca mengenai Sumatera Utara. Jika nanti disana kalian perlu bantuan, kontak saya, saya akan membantu kalian di sana.

“Sampai jumpa di Sumut, provinsi yang saya cintai,” kata Edy Rahmayadi Gubernur Sumut Ke-18 saat mengakhiri pembekalan.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan,  sangat bersyukur karena hadirnya seorang purnawiran bintang tiga yang memiliki pengalaman banyak di infanteri dan juga seorang Gubernur Sumut.

Ini kalian dapat sepaket lengkap, selain alumni Akmil beliau juga seorang yang luar biasa, Gubernur Sumut yang sangat mengerti wilayah Sumut.

“Terima kasih Bapak Edy Rahmayadi telah meluangkan waktunya, kami tahu bapak sangat sibuk mengurusi Sumatera Utara, tetapi Bapak mau jauh-jauh ke sini untuk memberi bekal kepada para taruna dan taruni,” ucap Mayjen Totok.

Totok menitipkan para taruna yang mengikuti Latsitarda Nusantara XLI/2021 di Eilayah Sumut,dan meminta Gubernur Sumut membimbing para taruna selama berada di Sumut.

Turut mendampingi Gubernur Edy Rahmayadi Sekretaris Satgas Covid-19 Sumut Arsyad Lubis, Kadis Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Effendy Pohan, Kepala Biro Umum Achmad Fadly.(SW)

Foto :

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memberi pembekalan kepada Taruna Tingkat IV Akademi Militer di Komplek Akmil Lembah Tidar Kota Magelang.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *