Edy Rahmayadi Bangun SMK di Simalungun, Cetak Tenaga Kerja Siap Pakai

  • Bagikan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menandatangani NPHD Pembangunan SMKN Bandar Simalungun.(Foto : Istimewa)

Simalungun I membaranews.com

 

Pemprov Sumut membangun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun untuk meningkatkan SDM siap pakai di Kecamatan Bandar.

Kecamatan Bandar salah satu kawasan pemukiman dekat dengan Kawasan Khusus Ekonomi (KEK) Sei Mangkei. Makanya Edy ingin putra-putra daerah bisa bersaing menjadi tenaga kerja di KEK Sei Mangkei, salah satu upayanya yaitu dengan membangun sekolah.

“Daerah ini dekat dengan KEK Sei Mangkei, saya ingin putra-putra kita nanti bekerja di sana, karena itu SDM kita harus di tingkatkan,” kata Edy Rahmayadi usia meninjau lokasi pembangunan SMKN 1 Kecamatan Bandar Simalungun.

Edy mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan Sumut kekurangan tenaga pendidik. kita butuh sekitar 12.000 guru di daerah terpencil.

“Saat ini kami kekurangan guru, guru mau ditempatkan di daerah, sekarang guru kebanyakan mau bekerja di kota,” ujar Edy.

Edy mengatakan, setelah lebaran dana untuk pembangunan SMKN 1 Bandar sudah bisa digunakan. Dia minta Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyelesaikan administrasi lahan dan desain SMKN 1 Bandar.

“Habis Lebaran sudah turun uangnya, jadi Pak Bupati siapkan semua kebutuhannya, lahannya, desainnya biar cepat ini selesai,”tegas Edy usai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Bupati Simalungun.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, SMK sangat dibutuhkan di Kecamatan Bandar daerah yang dekat dengan KEK Sei Mangkei membutuhkan SDM unggul siap bekerja.

“Ada sekitar 88 ribu masyarakat Kecamatan Bandar dekat dengan KEK Sei Mangkei. Jadi kita disini butuh SDM siap pakai.

Kami bersyukur Pak Gubernur mau membangun SMK di sini,” kata Radiapoh pada peninjauan dihadiri Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi, Kepala BPKAD Ismael Paraenus Sinaga, OPD Pemkab Simalungun, tokoh agama dan tokoh masyarakat.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *