Dinas Kominfo Berperan Dalam Pencegahan Covid-19

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar mengatakan,  organisasi perangkat daerah (OPD) berperan menyosialisasikan dan mengoptimalkan program pemerintah. Dalam dua tahun terakhir, ada penambahan tugas berkaitan dengan kondisi pandemi Covid-19 melanda dunia.

Peran komunikasi, peran kehumasan  dalam kondisi saat ini sangat strategis terutama menginformasikan  langkah pemerintah dalam penanganan Covid-19, data perkembangan serta upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga masyarakat terlibat dalam mencegah penularan virus, corona” kata  Irman, didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Diskominfo Sumut Abdul Aziz Batubara Pertemuan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) bersama Kabupaten/Kota di Hotel Santika Medan, Kamis (8/7/2021) dengan tema Penguatan Sinergi Komunikasi Kehumasan di Masa Pandemi Covid-19.

Dinas Kominfo Sumut  membantu daerah yang punya keterbatasan dalam hal akses jaringan internet. Karena itu pihaknya akan melihat mana tempat yang membutuhkan seperti pesantren, sekolah atau fasilitas umum yang bisa dibantu pengadaan jaringan (WiFi).

Narasumber dari Unimed Dr Muhammad Surip dan dari UMSU Dr Shohibul Anshor Siregar mamandang  pentingnya mengubah kerangka berfikir setiap pejabat dan petugas Humas/Dinas Kominfo.Humas menjadi faktor utama dan prioritas dalam tugas memberikan citra baik tentang kepemimpinan, selain  program pembangunan.   OPD ini harus selalu ada mendampingi Bupati, Walikota atau Gubernur.

Ketua STIKP Medan Dr. Sakhyan Asmara  menyoroti akibat yang ditimbulkan karena beberapa media massa kerap memberitakan perkembangan Covid-19 dari sisi data serta fakta. Menurutnya, banyak yang membuat masyarakat ketakutan akibat berita yang disajikan ke publik, ditambah lagi mudahnya orang mengakses informasi dari berbagai media sosial.

“Solusinya bagaimana peran Kominfo memberikan informasi yang baik dan membuat masyarakat tidak ketakutan. Jadi, kurangi informasi menakutkan, perbanyak informasi menggembirakan. Itu tanggung jawab Kominfo,” ujar mantan Kepala Biro Humas Pemprov Sumut itu. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *