Desa Wisata Paloh Naga Deliserdang Bersaing Tingkat Nasional

  • Bagikan

membaranews.com (Deliserdang)

 

Desa Wisata Paloh Naga Kabupaten Deliserdang Provinsi Sumatera bersaing di Tingkat Nasional. Semua persiapan dan kriteria penilaian telah disiapkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan meninjau destinasi agrowisata Paloh Naga di Desa Denai Lama, Kabupaten Deliserdang, Rabu (9/6/2021). Tujuannya untuk mengetahui sejauhmana kesiapan desa tersebut mengikuti Anugerah Desa Wisata 2021.

Dengan menaiki odong-odong, Sandiaga Uno dan Edy Rahmayadi,Ashari Tambunan mendatangi lokasi agrowisata disambut  warga.

Tepat di depan pintu masuk, Sandiaga dan rombongan  diberikan topi tani langsung di pakai. Topi tani sebagai simbol karena wisata dikunjungi dominan hamparan sawah  membentang luas. Diiringi musik gamelan, rombongan  menuju panggung utama untuk menyaksikan pertunjukan kesenian daerah.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Desa Wisata Denai Lama hadir sebagai desa wisata menjadi penggerak ekonomi bidang wisata. “Desa wisata akan kami dukung untuk meningkatkan keterampilan masyarakatnya. Fokus disini adalah wisata edukasi, karena ada kafe baca, setiap minggu selalu menyuguhkan kearifan lokal.Mari sama-sama kita bergandengan tangan mendukung keberadaan tempat ini,” ujarnya.

Sandi berharap Desa Wisata Denai Lama dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bangkit di masa pandemi. Di Danau Toba juga ada sebuah desa memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata. “Kita sedangn lakukan pendataan,” sebutnya.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan,  pariwisata harus bisa menjadi tulang punggung ekonomi di daerah. Sektor pariwisata dapat menghidupkan geliat ekonomi suatu daerah.Di kota-kota besar di dunia mayoritas Produk Domestik Bruto (PDB) berasal dari sektor pariwisata sehingga pada akhirnya sektor pariwisata menjadi tulang punggung perekonomian penduduk di daerah,” ujar Edy.

Desa Wisata Denai Lama, punya potensi sangat menjanjikan. “Saya sebagai kepala daerah mendukung penuh, namun  dibutuhkan peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang  menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan, seperti ketersediaan kamar mandi yang bersih,” ucap Edy.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih atas kunjungan  Menparekraf Sandiaga Uno serta dukungan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi  di Deliserdang sehingga bisa memanfaatkan dengan benar potensi wisata yang ada. Dengan begitu kami bisa menyejahterakan masyarakat,  ujar Ashari. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *