Bupati Asahan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran

  • Bagikan
Bupati Asahan H. Surya meresmikan dimulainya pembangunan Menara Masjid Agung H.Achmad Bakrie Kisaran.(Foto : Istimewa)

Kisaran I membaranews.com

 

Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, meletakkan batu pertama pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Rabu (28/06/2023).

Peletakan batu pertama dihadiri Kajari Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Dandim 0208/Asahan, Sekda Asahan, Para Asisten, OPD, Ketua MUI, Ketua Etnis dan OKP.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Ginting mengatakan tujuan pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran sebagai perwujudan Visi Pemkab Asahan Tahun 2021-2026 yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter serta implementasi dari beberapa program prioritas Kabupaten Asahan diantaranya Asahan Religius, Asahan Go Wisata, serta program Infrastruktur Kuat.

Bupati H. Surya, mengatakan, pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dilaksanakan dalam rangka proses pengembangan dan penataan landscape masjid yang tahapan pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2011 hingga diresmikan pada tahun 2019.

Sesuai dengan perencanaan sampai saat ini, komplek Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran telah memiliki beberapa komponen bangunan utama yaitu Gedung Masjid, Miniatur Kabah, Gedung Tahfidz dan kita ucapkan syukur.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita memulai pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran setinggi 99 meter berada di sisi timur halaman masjid, ucapnya.

Dengan dimulainya pembangunan Menara Masjid hingga selesai nanti diharapkan Pemerintah dan masayarakat dapat menerima manfaat dari beberapa aspek yaitu, aspek estetika yang akan memperindah Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, aspek ekonomi diharapkan menambah pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Asahan serta meningkatkan promosi produk UMKM Kabupaten Asahan melalui penjualan marchendise/souvenir Wisata Religi Kabupaten Asahan.

Aspek sosial yaitu menjadi objek wisata religi baru bagi Masyarakat Asahan maupun masyarakat luar kota ingin melihat pemandangan Kota Kisaran dari ketinggian 99 meter serta aspek pendidikan yaitu pada menara ini juga akan dibangun sebuah museum dan perpustakaan yang akan menampilkan sejarah perkembangan dan penyebaran Agama Islam di Kabupaten Asahan.(akm)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *