Aquabike Jetski World Championship 2023, Catat Sejarah Baru Danau Toba.

  • Bagikan

Kadis Kebudayaan, Pariwisata,Ekonomi Kreatif Sumut Zumri Sulthony bersama Asisten Deputi Kemenko Marves Kosmas Harefa, Bupati Karo Cory Sebayang, Direktur Pemasaran Injourney Maya Watono saat Press Conference Aquabike Jetski World Championship 2023.(Istimewa)

Medan I membaranews.com

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut Zumri Sulthony mengajak masyarakat meramaikan event Aquabike Jetski Championship 2023 di Danau Toba.

Event ini bakal mencatatkan sejarah baru di Danau Toba, menjadi arena balap jetski di empat kabupaten dan Pesta Rakyat Danau Toba pertama.

Event ini dimeriahkan dengan berbagai acara sampingan (side event) yang luar biasa, tidak kalah besar dengan event utamanya. Masing-masing kabupaten telah mempersiapkan side event misalnya di Samosir ada kompetisi Solu Bolon dengan hadiah total Rp.250 juta, di Toba ada Pesta Rakyat dan di Karo ada pagelaran seni serta penampilan band nasional.

“Ayo sama-sama kita ramaikan event berskala internasional ini”, kata Zumri Sulthony, usai acara Bincang Hangat Aquabike 2023 di Pos Bloc, Kesawan, Medan, Jumat (17/11/2023).

Aquabike Jet Ski World Championship 2023 akan digelar di Kabupaten Karo, Dairi, Samosir dan Toba. Pengusaha lokal didorong mempersiapkan produk dsn layanan yang baik.

Layanan hotel, homestay, restaurant, tempat makan, produk-produk UMKM dan lainnya harus disiapkan dengan baik sehingga pengunjung puas dan berlama-lama di Danau Toba,kata Zumri.

Menpora Dito Ariotedjo memastikan persiapan Aquabike Jetski Championship Danau Toba sudah matang. Dia berharap perpaduan olahraga dan pariwisata seperti Aquabike Jetski World Championship dapat memberikan dampak besar kepada masyarakat.

Ini contoh perpaduan sangat baik, belajar dari event sebelumnya yang sangat sukses (F1H20). Kita terus dorong event-event berskala internasional bukan hanya ke Danau Toba tetapi juga ke seluruh Indonesia, kata Dito yang hadir secara virtual.

Direktur Pemasaran In Journey Maya Watono mengatakan, kompetisi Solu Bolon digelar 24 November 2023 diikuti peserta dari delapan kabupaten sekitar Danau Toba.

Kompetisi Solu Bolon berbarengan dengan event internasional Aquabike Jetski World Championship merupakan upaya melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba sekaligus memperkenalkannya ke dunia internasional, kata Maya.

Aquabike Jetski World Championship Danau Toba digelar 22-26 November 2023. Ada 22 negara berpartisipasi dan melibatkan lebih 100 rider ditambah 200 official.

Ada juga lima pembalap dari Indonesia, kita optimis event ini memberikan multiplier effect yang luas bagi Sumut,sebut Maya.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *