Festival Nasyid Tingkatkan Minat Generasi Muda Lestarikan Budaya Islam

  • Bagikan
Festival nasyid

membaranews.com (Asahan)

Festival Nasyid untuk meningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam.

Demikian ditegaskan Plh.Bupati Asahan Jhon Hardi Nasution saat membuka Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020, di Gddung Tahfiz Masjid Agung Kisaran, Rabu (24/5/2021).

Festival Nasyid merupakan program pemerintah secara nasional yang dilaksanakan secara berjenjangdari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten,dan Provinsi.

Menurut Jhon Hardi, festival nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Ada tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan pelaksanaan festival nasyid.

Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat.

Jhon Hardi menekankan, perlu objektivitas dalam penilaian. “Saya yakin dewan juri tidak dapat di intervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian,”tegas Jhon.

Dikatakan, pada hakekatnya penilaian yang dilakukan Dewan Juri dari aspek penampilan satu grup nasyid,namun prinsipnya kemampuan para personel itu yang dinilai.

Jika semua personel baik, maka baiklah satu group nasyid tersebut. Oleh karena itu, tidak mutlak group nasyid terbaik menjadi duta Kabupaten Asahan ke provinsi.

Nanti akan dilakukan pemusatan latihan (TC) untuk mendapatkan group yang lebih baik.”Nantinya akan dilakukan TC lagi mencari yang terbaik,”ujarnya.

Kepada seluruh peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan diucapkan selamat mengikuti festival nasyid. Diharapkan dapat tampil dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Festival berlangsung 24-27 Februari diikuti 48 Grup dari 25 kecamatan terdiri 23 grup Putra dan 25 grup putri. Sedangkan dua kecamatan tidak mengirimkan grup nasyid putra yakni Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

Hadir Wakapolres Asahan, Dandim 0208/Asahan,Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua MUI,Kakan Kemenag.(Hendra)

Foto :
Plh.Bupati Asahan Jhon Hardi Nasution bersama Forkopimda menabuh gendang pertanda dibukanya Featival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan.(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *