Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemkab Batu Bara Beri Bantuan Benih Sayuran

  • Bagikan
Ketua TP. PKK Kabupaten Batu Bara serahkan benih sayuran, wujudkan ketahanan pangan mulai dari Desa. (Foto; dokdiskominfobb)

membaranews.com (Batu Bara)

Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan berikan bantuan benih sayuran kepada 10 Desa Percontohan TP. PKK Kabupaten Batu Bara, yang digelar di Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar, Jumat (16/12/2022).

Benih sayuran diserahkan oleh Asisten III Setdakab Batu Bara Renold Asmara yang mewakili Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP.

Pada kesempatan itu turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, Kadis PMD Radyansyah, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan, Kadis Pertanian dan Perkebunan dan Camat Datuk Tanah Datar.

Adapun 10 Desa yang menerima benih sayuran yakni Desa Percontohan PAAR di Desa Suka Ramai Kecamatan Sei Balai, Percontohan UP2K di Desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras, Hatinya PKK di Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar, Percontohan IVA Test Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Percontohan  Posyandu Desa Simodong Kecamatan Medang Deras.

Selanjutnya Desa Percontohan LBS Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh, Percontohan  PHBS di Desa Tanjung Muda Kecamatan Air Putih, Percontohan Bangga Kencana di Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram, Percontohan Tertib Administrasi di Desa Mangkai Baru Kecamatan Lima Puluh, dan Desa Percontohan PTP2WKSS di Desa Pematang Rambai Kecamatan Nibung Hangus.

Masing – masing desa menerima bantuan berupa benih bayam sebanyak 20 bungkus, benih kangkung 40 Bungkus, bibit cabai merah 600 batang, bibit cabai rawit 600 batang, bibit terong 300 batang, gembor 30 buah, polybag 1.500 lembar dan 20 zak pupuk organik.

Selain benih sayuran pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan pupuk organik cair (POC) dari Kementerian Pertanian RI sebanyak 35.450 ton atau 35.450 liter/botol untuk luas tanam 7.090 hektar di 8 kecamatan di Batu Bara.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketahanan pangan perlu adanya program-program kebutuhan pangan.

Lebih lanjut Ny. Maya mengatakan program kebutuhan pangan tersebut sesuai dengan arahan Bupati Batu Bara terkait pemenuhan kebutuhan pangan di Kabupaten Batu Bara salah satunya dengan memanfaatkan halaman menjadi lahan tanaman yang dapat menghasilkan seperti tanaman cabai ataupun tanaman obat keluarga lainnya.

Ny. Maya juga berharap melalui penyerahan bantuan benih sayuran ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat yang menerima, serta betul-betul dirawat sehingga dapat menghasilkan buah cabai yang dapat dipergunakan sendiri bagi kebutuhan pangan keluarga. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *