Ketua DPRD Batu Bara Hadiri Musrenbang RPJPD 2025-2045

  • Bagikan

Batu Bara | membaranews.com

Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Batu Bara Tahun 2025-2045 digelar di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Selasa (23/04/2024).

Turut hadir Ketua DPRD Batu Bara M.Syafii, SH, , yang dalam sambutannya ia menyampaikan komitmen kepada pemerintah daerah.

Ia mengatakan terus mendukung Pemkab Batu Bara dalam merumuskan kebijakan pembangunan ke arah transformasi reformasi birokrasi, pembangunan manusia, pelayanan dasar, serta ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

Diketahui Musrenbang RPJPD kali ini mengusung visi, “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Batu Bara yang cerdas, tangguh, maju, berbudaya, berkeadilan, dan berkelanjutan” ditegaskan sebagai panduan bagi pembangunan di masa depan.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara, Nizhamul, S.E. M.M., yang diwakili oleh Asisten II Bambang Hadisuprapto, menjelaskan bahwa MUSRENBANG bertujuan untuk membahas rancangan RPJPD terkait visi, misi, isu strategis, atau permasalahan pembangunan daerah, serta arah kebijakan jangka panjang.

Bambang menegaskan, “Pemkab Batu Bara fokus pada merumuskan permasalahan dan isu strategis, visi dan misi, serta arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan jangka panjang daerah selama 20 tahun ke depan dari tahun 2025 hingga 2045.”

Musrenbang RPJPD juga menetapkan kebijakan, program, dan kegiatan prioritas pembangunan tahunan daerah, dengan memperhitungkan capaian pembangunan jangka panjang sebelumnya.

Adapun Evaluasi RPJPD 2005-2025 menunjukkan peningkatan signifikan dalam pendapatan perkapita setiap tahunnya, dimana pada tahun 2011 dengan kenaikan 44.325,91 ribu dari 24.652,11 ribu.

Dalam upaya mencapai visi Kabupaten Batu Bara yang maju dan berdaya saing, Bambang menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam memberikan saran, masukan, dan inovasi.

“Diharapkan semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder berperan aktif,” ujar Bambang.

Penyelenggaraan pembangunan tahun 2025-2045 diharapkan dapat lebih terarah, terukur, dan menyentuh masyarakat serta dapat menjawab isu-isu strategis, permasalahan, dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *