Wagub Musa Rajekshah Lepas Ekspor Perdana Senilai Rp. 20 Miliar Di Pelabuhan Sibolga

  • Bagikan
Ekspor

membaranews.com-(Sibolga)

Wagub Sumatera Utara Musa Rajekshah melepas ekspor barang perdana melalui Pelabuhan Kota Sibolga milik PT Pelindo 1, Sabtu (13/2/2021). Barang perdana diekspor  komoditi kayu lapis PT Mujur Timber dengan volume kurang lebih 5.700 meter kubik dengan nilai Rp.20 Miliar.

Wagub mengatakan, ekspor barang perdana  diangkut  kapal berbendera Belanda  merupakan bukti nyata dukungan Pelindo 1, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Imigrasi dan Bea Cukai untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kapal berbendera Belanda  akan langsung ke Inggris dan Belgia menghantarkan barang kita ke sejumlah negara di Inggris  sekaligus mempromosikan daerah asal barang yang di ekspor,” ujarnya.

Musa Rajekshah mengharapkan, kawasan pantai barat Sumatera, seperti Aceh dapat memanfaatkan pelabuhan Sibolga. Karena melalui pelabuhan ini, ekspor barang ke berbagai negara lebih mudah dan murah.

Dengan dimulainya kegiatan internasional melalui Pelabuhan Sibolga diyakini biaya angkut untuk komoditi di sekitar akan lebih murah. Jumlah tenaga kerja yang terserap juga akan meningkat. Berdayakan masyarakat sekitar dengan beroperasinya Pelabuhan Sibolga ini,” ungkap Wagub.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Muhammad Eriansyah mengatakan,  ekspor barang perdana  menjadi sejarah bagi Kota Sibolga dan PT Pelindo 1. Sebab ekspor ini menjadi aktifitas internasional perdana dilakukan melalui Pelabuhan Sibolga.

Dengan dimulainya aktivitas internasional melalui pelabuhan laut Sibolga roda perekonomian wilayah ini mulai meningkat. Terbukti aktivitas kunjungan kapal di Pelabuhan Sibolga meningkat 39% dan peti kemas 38,4 %.

“Pelindo 1 selalu mengedepankan prinsip lebih cepat, lebih murah, lebih transparan  lebih baik dalam kemasan dan tampilan. Diharapkan aktivitas laut di pantai barat dan timur akan sejajar dengan pelabuhan laut internasional lainnya sehingga aktivitas ekonomi tumbuh dengan cepat”,ujar Heriansyah

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan, Pelabuhan Sibolga  pelabuhan  bersejarah karena menjadi salah pintu masuknya Islam ke nusantara. “Di sini  dapat diekspor CPO dan berbagai barang pesisir pantai barat pulau Sumatera.(SW)

Foto :

Wagub Sumut.Musa Rajekshah melepas ekspor barang perdana melalui Pelabuhan Sibolga milik PT Pelindo 1 senilai.Rp.20 Miliar
(ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *