Wamen BUMN Cek Kesiapan Program INALUM Dalam Pengembangan Industri Aluminium Nasional

  • Bagikan
Wamen BUMN Pahala Nugraha Mansury mengunjungi Smelter PT INALUM Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara.(Foto : Dok-Humasinalum

membaranews.com.(Batu Bara)

 

Direksi PT INALUM menerima kunjungan Wakil Menteri (Wamen) I Kementerian BUMN RI Pahala Nugraha Mansury di pabrik peleburan (smelter) Aluminium di Kuala Tanjung Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Kunjungan Wamen merupakan inisiatif Kementerian BUMN dalam memeriksa kesiapan INALUM dalam melakukan pengembangan usaha dalam pemenuhan kebutuhan aluminium nasional.

Wamen Pahala menyatakan dukungannya kepad INALUM dalam melakukan aksi korporasi sebagai langkah strategis dalam menciptakan hilirisasi dan ekosistem industri aluminium nasional. Wamen menyebut kolaborasi antara BUMN diperlukan agar keberadaan BUMN di Indonesia terasa manfaat dan kontribusinya untuk Indonesia.

“Kementerian BUMN mendukung penuh langkah-langkah INALUM sebagai perusahaan peleburan dan pengolahan aluminium pertama dan satu-satunya di Indonesia untuk menempuh langkah-langkah diperlukan sebagai usaha dalam memenuhi kebutuhan aluminium nasional.

“Kami berharap, langkah strategis itu bisa berkolaborasi lintas perusahaan BUMN sehingga hasil bisa lebih maksimal, dan manfaatnya bisa segera dirasakan oleh negara, baik dalam hal kontribusi pajak maupun manfaat untuk masyarakat,” ujar Pahala.

Direktur Pengembangan Usaha PT INALUM Dilo Seno Widagdo menjelaskan, INALUM sedang melakukan berbagai inovasi dan terobosan demi pemenuhan kebutuhan aluminium nasional. Menurut Dilo, saat ini supply demand dari aluminium nasional di Indonesia masih belum bisa dipenuhi secara maksimal oleh INALUM. Butuh beberapa langkah strategis baik dalam hal infrastruktur maupun dalam hal ketersediaan energi untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Industri aluminium nasional saat ini masih sangat potensial dan terlihat dari supply-demand yang masih ada gap besar. Inovasi dari pengembangan usaha INALUM mutlak diperlukan.

Contohnya, saat ini kami dalam proses peningkatan produksi yaitu baik dengan optimalisasi smelter Kuala Tanjung, Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi, atau Pembangunan Aluminium Remelt IAA. Namun itu belum cukup karena untuk mengembangkan smelter aluminium yang lebih besar dan berproduksi maksimal, perusahaan perlu mendorong ketersediaan energi yang lebih continue dan sustanable.

Langkah ketersediaan energi tersebut sedang kami jajaki untuk berkolaborasi dengan PT PLN,” ujar Dilo.

Saat ini INALUM sebagai perusahaan yang ditunjuk sebagai holding BUMN industry pertambangan sedang melakukan beberapa aksi korporasi strategis.Antara lain, Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi, Optimalisasi Smelter Kuala Tanjung, Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery di Mempawah, Pembangunan Aluminium Remelt IAA.

Proyek strategis tersebut diharapkan bisa membuat INALUM mampu memenuhi kebutuhan pasar aluminium yang masih memiliki potensi besar di Indonesia dan Regional.

Selain itu, INALUM melakukan berbagai langkah kolaborasi dengan perusahaan BUMN lain seperti PLN dalam rangka menciptakan ketersediaan,”ujarnya. (mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *