USU Masuk 10 Besar Peraih Medali Terbanyak Pusat Prestasi Nasional

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Universitas Sumatera Utara (USU) masuk 10 besar perguruan tinggi peraih medali terbanyak dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) yang dilaksanakan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek.

Delegasi USU berhasil menyabet tiga medali, yakni bidang matematika medali perunggu dimenangkan mahasiswa FMIPA USU atas nama Fevin, bidang fisika medali perak diraih mahasiswa FMIPA USU atas nama Steven Tanady dan penghargaan honorable mention diraih Geoffrey Orlando, mahasiswa Fakultas Teknik USU.

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si mengucapkan selamat kepada mahasiswa USU berhasil mengharumkan nama USU dalam kancah nasional tersebut.

“Capaian ini menunjukkan mahasiswa kita tak kalah saing. Mereka harus didorong terus berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Muryanto, Senin (2/8/2021)

Rektor berharap, prestasi-prestasi yang diraih mahasiswa USU dalam ajang Pusat Prestasi Nasional bisa ditularkan ke mahasiswa lainnya, tidak hanya di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, namun juga di bidang-bidang lainnya.

“Prestasi mahasiswa menjadi salah satu indikator dalam pemeringkatan internasional, tentu hal ini bagian dari program prioritas transformation towards the ultimate yang saat ini dicanangkan,” ujar mantan Dekan FISIP USU ini.

Ajang KNMIPA untuk jenjang Pendidikan Tinggi 2021 diikuti 260 peserta. Tahun ini, merupakan tahun kedua KNMIPA diselenggarakan secara daring. Pemenang memperebutkan empat kategori medali, yaitu emas, perak, perunggu dan honorable mention.

Adapun 10 perguruan tinggi peraih medali terbanyak dalam ajang itu diantaranya Institute Teknologi Bandung (ITB) (18), Universitas Indonesia (UI) (15), UGM (14), Universitas Brawijaya (7), ITB (5), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (5), Universitas Airlangga (5), Universitas Diponegoro (4), UPI (3) dan USU (3). (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *