Teken MoU dengan EGA : PT Inalum Tingkatkan Kehandalan Produk Aluminium Dalam Negeri

  • Bagikan
Direktur Utama PT Inalum Hendi Prio Santoso bersama CEO EGA Abdulnasser bin Kalban usai penanda tangani MoU di KTT G20 di Bali.(Foto : Istimewa)

 

membaranews.com.(Bali)

 

PT Inalum menunjukan komitmen terhadap lingkungan termasuk perubahan iklim menjadi agenda prioritas yang disepakati anggota G20 dalam agenda KTT G20. Komitmen tersebut merupakan salah satu strategi untuk mewujudkannya visi nasional  yaitu program dekarbonisasi yang fokus pada transisi energi.

Komitmen tersebut ditunjukan secara konkret melalui menandatangani perjanjian studi kelayakan terkait pengembangan perluasan brownfield Inalum di Kuala Tanjung, Sumatera Utara antara Inalum dan EGA.

Penandatanganan ini dilakukan Direktur Utama PT Inalum Hendi Prio Santoso dan CEO EGA, Abdulnasser Bin Kalban, pada KTT G20 di Bali, Senin (14/11/2022).

Hendi mengatakan, perjanjian ini diharapkan meningkatkan performa Inalum dalam peningkatan knowledge dan investasi industri aluminium nasional sehingga Inalum naik level dan menjadi wajah modernitas dalam industri pengolahan aluminium nasional sekaligus bukti kepada industri global bahwa Inalum bisa memproduksi aluminium amah lingkungan dengan menggunakan energi dari PLTA ramah energi dan berkelanjutan.

Kolaborasi strategis ini memberikan kesempatan kepada Inalum untuk meningkatkan produksi sampai double capacity,kata Hendri.

EGA adalah mitra pilihan Inalum untuk ekspansi brownfield Kuala Tanjung berdasarkan efisiensi teknologi peleburan EGA dan pengalaman mentransfernya secara internasional dan potensi kemitraan perusahaan sebagai investor dan offtaker logam.

Tahapan strategis berupa studi kelayakan bankable ini menjadi langkah berikutnya sebelum kita memulai konstruksi, sebut Hendi.

Sebagai BUMN pengolahan aluminium terbesar di Indonesia, Inalum menjaga kehandalan dan meningkatkan performa industri aluminium nasional dengan menjalin kerjasama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) merupakan perusahaan industri terbesar di luar sektor migas dUni Emirat Arab.Dengan rencana ekspansin ini , Inalum diharapkan memiliki tambahan kapasitas lebih 400 ribu ton aluminium/tahun.

Inalum terus melakukan inovasi dengan melakukan inisiatif pengembangan proyek strategis diantaranya Proyek Upgrading Teknologi Tungku Reduksi, Optimalisasi Smelter Aluminium Kuala Tanjung, Proyek Smelter Grade Alumina Refinery di Mempawah, Pembangunan Aluminium Remelt IAA.

Hal ini sejalan dengan potensi besar pangsa pasar aluminium domestik dan regional.

“Inalum terus berupaya mewujudkan pengembangan klaster industri aluminium nasional. Inalum juga melakukan kolaborasi dengan PLN dalam rangka menciptakan ketersediaan energi di Sumatera Utara,” ujar Hendi.

CEO EGA, Abdulnasser Bin Kalban menyebut jika aksi korporasi perluasan ini berhasil maka Inalum diharapkan memiliki tambahan kapasitas lebih 400 ribu ton aluminium/tahun.

Investasi potensial dalam perluasan brownfield Kuala Tanjung dan penjualan loga akan memajukan pertumbuhan dalam aluminium rendah karbon yang akan memungkinkan kehidupan modern di seluruh dunia sekaligus melindungi bumi ini untuk generasi mendatang,kata Abdulnasser.

Perjanjian ini merupakan langkah maju yang penting dalam kerja sama kami dengan Inalum dan mendekatkan penyebaran teknologi yang dikembangkan UEA di Indonesia

“Saya berterima kasih kepada Inalum atas kepercayaan yang berkelanjutan pada EGA sejalan dengan kemitraan kedua negara,” sebut Abdulnasser.

Berada di jalur khatulistiwa membuat Indonesia melimpah akan kekayaan sumber daya alamnya. Subur tanahnya, luas lautnya. Dianugerahi banyak “harta” yang masih tersimpan di dalam tanah, kekayaan alamnya, termasuk mineral didalamnya.

Ini sangat banyak potensi dapat dikelola untuk kemakmuran negeri karena itu berkolaborasi bersama Holding Industri Pertambangan di Indonesia, Mining Industry Indonesia (MIND ID) berperan aktif sebagai pemain utama penghasil komoditas ini. Melalui salah satu anggotanya PT Inalum mengambil langkah strategis.

Seperti diketahui, permintaan kendaraan listrik berbasis baterai semakin meningkat trendnya.Hal ini pula menjadi alasan berlombanya para produsen kendaraan bermotor memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai. Tak heran jika listrik menjadi salah satu energi populer dalam menggerakkan banyak aspek di kehidupan, salah satunya sektor transportasi.

Penyediaan energi listrik yang ramah lingkungan menjadi andalan utama dalam mendukung transisi energi. Untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut dibutuhkan bahan dasar tambang yang tidak sedikit, mulai dari aluminium, nikel, tembaga, hingga timah, dan Indonesia menjadi salah satu negara utama penghasil komoditas tambang tersebut.(mkb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *