Technology Innovation Seminar Inalum Ke-21 Sinergi Dalam Inovasi

  • Bagikan

membaranews.com (Kuala Tanjung – Batu Bara)

 

PT INALUM (Persero) menggelar kegiatan tahunan Technology Innovation Seminar (TIS) Ke-21 dilaksanakan secara virtual melalui Teleconference Zoom di Ballroom Kantor INALUM Kuala Tanjung Sumatera Utara,Rabu (30/6/2021)

Ada 4 Tim Inovator yang melakukan presentasi dan berkompetisi di hadapan dewan juri dan sekitar 400 audiens terdiri dari Manajemen dan Keluarga Besar Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) yang menjadi Induk INALUM, siswa/i  SMA dan SMK sekitar perusahaan.serta dosen dan mahasiswa/i dari beberapa universitas ternama di Sumatera Utara.

Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak berharap dengan event inovasi ini kita dapat terus belajar untuk menjadi lebih baik, karena inovasi itu lahir dari bagaimana kita belajar dari kesalahan yang lalu dan memperbaikinya untuk menjadi lebih baik kedepan,” kata Orias.

Direktur Pelaksana INALUM Sophia I. Wattimena juga berharap kegiatan TIS yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 dapat terus dilaksanakan kedepannya.

“TIS 2021 kali ini berhasil mengumpulkan 22 inovasi yang terdiri dari 12 inovasi kategori operasional dan 10 inovasi kategori administrasi.

Harapannya , kegiatan TIS terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu menghasilkan innovator-innovator unggul mampu bersaing secara global,” ungkap Sophia.

Sedangkan Komisaris Utama MIND ID, Doni Monardo menekankan inovasi yang lahir dari TIS dapat disinergikan dengan seluruh pihak. “Inovasi yang terlahir dalam TIS selanjutnya dapat disinergikan kepada seluruh elemen pemangku kepentingan yang terkait sehingga inovasi-inovasi yang diajukan dapat berjalan dengan baik dan mampu berkontribusi bagi masyarakat sekitar,” ucap Doni.

Pada TIS Ke -21 , ada 4 judul inovasi terbaik yang berhasil lolos seleksi dan dipresentasikan pada hari-H.

Ketua Pelaksana TIS, Edi Mugiono, melaporkan terkait seleksi yang dilaksanakan pada TIS Ke-21 . “Seleksi panjang dilakukan sesuai dengan 6 aspek yaitu Application of Idea, Originality of Idea, Writing Structure, Presenting Structure, Impact of Innovation dan How to Implement, hingga akhirnya melalui rapat diputuskan 4 judul inovasi terbaik yang dapat dipresentasikan pada hari-H acara TIS,” sebut Edi.

Ada 4 dewan juri yang menilai 4 inovasi yang dikompetisikan yaitu Koordinator Analisis Ekonomi dan Sektor Industri Kementerian BUMN Sitta Rosdaniah, Dekan Fakultas Teknik USU Dr. Ir. Fahmi, ST, M.Sc, IPM, Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan dan Direktur Pelaksana INALUM Sophia I. Wattimena.

Gelaran TIS Ke-21 diselingi dengan kuis online bagi para audiens dan sesi polling presenter terfavorit. Pada akhir sesi presentasi, hasil TIS Ke-21 diumumkan dan dimenangkan oleh Dhiya Irfano Azmi dengan judul inovasi “Increase Availability of Power Generation with Installation External Oil Cooler & Dust Collector System in Siguragura Power & Tangga Power”.

Pelaksanaan TIS merupakan agenda tahunan INALUM sejak tahun 2005. Inovasi-inovasi pegawai INALUM dipresentasikan tidak hanya secara internal tetapi juga kepada civitas akademika di sekitar perusahaan.(mkb)

 

Foto :

Pegawai INALUM usai Mengikuti Technology Innovation Seminar . (ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *