Tahun 2023, Pemko Medan Revitalisasi Gedung Warenhuis

  • Bagikan
Gedung Warenhuis di Kawasan Kesawan Medan.(Foto : Kominfomdn)

Medanmembaranews.com

 

Tahun 2023 ini Pemko Medan melaksanakan Revitalisasi Gedung Warenhuis termasuk dalam Kawasan Kota Lama Kesawan.

Nanti, gedung bersejarah bekas super market pertama di Kota Medan ini akan menjadi pusat expo terutama untuk UMK dan anak-anak muda kreatif.

Demikian dikatakan Kadis Perumahan Permukiman Cipta Karya Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis di ruang kerjanya,Jumat (10/2/2023).

Sesuai amanah Wali Kota Medan Bobby Nasution, Gedung Warenhuis dijadikan pusat expo diutamakan untuk UMKM dan anak-anak muda kreatif dikombinasikan dengan aktivitas kuliner,ujar Endar.

Untuk mendukung berbagai berbagai aktivitas tersebut, Pemko Medan telah menyiapkan lahan di sebelah Gedung Warenhuis. Di lahan ini akan dikembangkan aktivitas kuliner.

“Kalau kita lihat sekarang di sebelahnya ada PT Terang Bulan Jaya. Dua dari empat persil miliknya sudah kita bayar,” sebut Endar.

Tender Revitalisasi Gedung Warenhuis dimulaiFebruari.Pemko Medan akan menentukan pemenang yang profesional menanganinya.

Ini pekerjaan seni dan juga harus ahli cagar budaya. Sebab tidak boleh ada yang berubah di situ. Maka kita perhitungkan waktu kerjanya lebih dari satu tahun.

“Kita buat multiyears, seingat saya anggarannya Rp.32 Miliar, murni dari APBD Kota Medan,” ungkapnya.

Saat ini sedang berlangsung penataan kawasan Kesawan oleh Kementerian PUPR. Penataan kawasan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Medan ini sebagai upaya mengembalikan kawasan Kesawan sebagai kota lama atau cagar budaya.

“Secara umum, penataan ini untuk mengembalikan kawasan Kesawan sebagai kota lama atau cagar budaya namun bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi, khusus UMKM sekaligus mendukung program Kitchen of Asia,” ucap Endar.

Lingkup pekerjaan penataan kawasan Kesawan ini terdiri dari dua bagian, yakni di atas permukaan tanah dan di bawah tanah.

Lingkup pekerjaan di atas permukaan jalan antara lain penataan jalur pedestrian, pembuat jalur sepeda, pembangunan halte dan shelter, penataan lanskap, penggantian lapisan permukaan beberapa ruas jalan, tata cahaya.

Sedangkan pekerjaan di bawah tanah antara lain penataan saluran drainase dan pembangunan Saluran Jaringan Utilitas Terpadu untuk menempatkan seluruh kabel-kabel utilitas di bawah tanah,ujar Endar.

Selain itu dilakukan penataan koridor di Jalan Jalan A Yani sampai Balai Kota, Jalan Pulau Pinang,Jalan Bukit Barisan.

Penataan koridor kawasan Pajak Ikan Lama dilakukan di Jalan Kumango, Jalan Perniagaan, Jalan Kereta Api, Jalan Perniagaan Baru, Jalan Kwang Gu, Jalan Pembelian, Jalan Perdagangan, Jalan A Yani II, Jalan Palang Merah.

Untuk kawasan Warrenhuis di Jalan Perdana, A Yani VII, Raden Saleh, AR Syihab, dan Hindu.

Sedangkan kawasan Jalan Mesjid, penataan koridor dilakukan di Jalan Palang Merah, sebagaian Jalan Mesjid yang terhubung dengan area gardu PLN.

Endar optimis penataan Kesawan dan revitalisasi Gedung Warrrenhuis berjalan dengan baik sesuai harapan.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *