Sekdaprov : Perencanaan Masih Ada Tidak Sesuai Kebutuhan

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Penjabat (Pj) Sekdaprov Sumut Afifi Lubis membuka Sosialisasi Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) di lingkungan Pemprov Sumut di Ballroom Hotel Le Polonia Jalan Jenderal Sudirman Nomor 14 Medan,Senin (1/11/2021)

Afifi Lubis mengatakan, kegiatan sosialisasi sangat penting bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Ini bagian dari proses perencanaan kebutuhan, pemeliharaan, pemanfaatan, pemindahtanganan dan penghapusan barang di setiap OPD. “Ini penting untuk menghindari RKBMD yang tidak sesuai dengan kebutuhan OPD,” kata Afifi.

Menurut Afifi, saat ini masih ditemukan perencanaan tidak sesuai kebutuhan sehingga barang tersebut menjadi tidak berguna. Saat menyusun rencana kebutuhan barang milik daerah. diperlukan rencana  pemeliharaannya sehingga tidak ada barang tidak layak pakai dan menganggu tugas-tugas OPD,sebutnya.

Menyikapi dinamika birokrasi, para ASN dituntut lebih adaptif dan inovatif.  Tidak hanya memahami admistrasi tetapi harus memiliki spirit dan jiwa entrepreneur yang kuat.

“ASN tidak hanya berpikir sebagai social oriented yang merupakan tugas pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tetapi jiwa ASN ke depan harus berpikir adanya Break Even Point (BEP) terhadap aktivitas keuangan APBD yang telah dikucurkan,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ismael Parenus Sinaga diwakili Kabid Aset Ratna Sari Pinem dalam laporannya mengatakan, sosialisasi untuk menyamakan persepsi dan meningkatan pemahaman serta tanggung jawab terhadap penyusunan rencana kebutuhan barang di OPD Pemprov Sumut.

“RKBM dijadikan sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk penyusunan APBD sehingga pengelola barang bersinergi menyusun RKBMD secara baik dan terintegrasi melalui  sistem informasi manajemen barang daerah aplikasi e-RKPD,” tandasnya. (Rul)

 

Teks Foto. :

Pj. Sekdaprov.Sumut Afifi membuka RKBMD Pempro Sumut.(Ist)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *