Revitalisasi Lapangan Merdeka Bangkitkan Potensi Wisata Kota Medan

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen untuk melakukan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan dan pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan.

Selain untuk menjadikan Lapangan Merdeka sebagai cagar budaya dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga menjadi satu kesatuan dengan kawasan kota lama kesawan sehingga dapat membangkitkan potensi wisata di Kota Medan.

Potensi wisata tersebut antara lain sebagai wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya sekaligus menjadi icon baru Kota Medan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi si ruang kerjanya, Senin (8/11/2021) mengatakan, pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan dan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan akan memunculkan satu paket wisata baru bagi masyarakat. Artinya masyarakat dapat menikmati wisata sejarah, wisata religi dan wisata budaya di satu tempat.

“Nanti saling terintegrasi antara wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya ditampilkan dalam satu tempat dan menjadi icon baru kota Medan,” ujar OK Zulfi.

Lapangan Merdeka Medan memiliki nilai sejarah sangat signifikan dengan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kawasan Kota Lama Kesawan dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah sehingga nanti masyarakat dapat menikmati peninggalan sejarah.

Selain itu, untuk mendukung pelaku UMKM di Kota Medan, kita menempatkan pelaku-pelaku UMKM berjualan makanan tradisional dan modern dari masing-masing etnis budaya yang ada di kota Medan.

“Kita kan multietnis, jadi nanti akan banyak dijual kuliner-kuliner ciri khas mewakili setiap etnis budaya di Kota Medan termasuk juga etnis dari Asia.

Tentu ini akan menjadi simbol keberagaman budaya masyarakat di Kota Medan ditambah l masyarakat yang beragam agama namun tetap hidup rukun berdampingan,” sebut OK Zulfi.

Tentu , Dinas Kebudayaan membuat program Pekan Warisan Budaya Medan digelar sekali setahun di Lapangan Merdeka. Dalam even ini berbagai atraksi budaya dan pameran diadakan dalam sepekan.

“Kita menampilkan festival tarian, karnaval budaya, pameran foto, kegiatan heritage walk bagi masyarakat umum,kata OK Zulfi. (Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *