Rayakan Idul Adha, Disdik Batu Bara Sembelih 16 Ekor Sapi

  • Bagikan
Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus Usai Menyaksikan Penyembelihan Hewan Qurban di Halaman Kantor Disdik Batu Bara. (Foto: ist)

membaranews.com (Batu Bara)

Keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara sembelih 16 ekor sapi dalam momen Idul Adha Tahun ini. Momen kebersamaan itu disambut dengan semangat berbagi untuk sesama.

Selain salah satu bentuk ibadah, berqurban mengajarkan semangat berbagi dan memperkuat persaudaraan antar sesama, hal itu yang selalu dihimbau Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP kepada semua OPD untuk selalu berbagi, terlebih disuasana Covid-19.

Mengingat pesan Bupati itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus terus giat berbagi kepada masyarakat, salah satu nya di momen Idul Adha ini, Dinas Pendidikan dibawah pimpinan Ilyas menyembelih 16 ekor hewan qurban yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Ilyas mengatakan, Idul Adha ini mengajarkan kita semangat berbagi untuk semua, daging qurban ini tak hanya kita santap bersama keluarga, namun juga kita bagikan dengan tetangga, saudara serta orang yang membutuhkan”, ujar Ilyas usai menyaksikan penyembelihan hewan qurban, Selasa (12/7/2022) di Halaman Disdik Batu Bara Desa Perupuk.

Menurut Ilyas, berqurban tak hanya mengajarkan semangat berbagi, juga sebagai wujud keta’atan dan ke ikhlasan serta keteladanan seorang hamba Allah bernama Nabi Ibrahim AS bersama Putra/anak  kesayangannya Ismail AS.

“Berqurban itu wujud ketaatan dan ikhlas, tentu sangat berat dan butuh keberanian seperti Nabi Ibrahim, melalui berkurban dengan hewan yang telah disyariatkan pula, manusia diajarkan untuk mengorbankan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada sesama”, ujar Ilyas yang akrab dipanggil ncek ly itu.

Ilyas menuturkan juga bahwa manusia dilahirkan ke muka bumi untuk mengalami ujian, termasuk ujian dalam kepemilikan harta dan benda. Meski demikian, manusia harus menyadari bahwa harta tersebut hakikatnya tak seutuhnya dimiliki, karena semua hanya titipan dari yang Maha Kuasa.

Kehangatan momen Idul Adha di Disdik Batu Bara

“Yah seolah-olah milik kita, itulah yang sedang diuji oleh Allah SWT, mau tidak kita mengorbankan sebagian milik kita tadi,” tutur Ilyas menambahkan.

Sementara  Ketua Panitia Qurban Keluarga Besar Disdik 1443H/2022M, Darwinson Tumanggor mengucapkan terimakasih atas kebersamaan kita semua hingga kegiatan baik ini dapat dilaksanakan.

“Atas nama panitia saya ucapkan bayak-banyak terimakasih, sehingga kegiatan baik ini dapat terlaksana dengan penuh keikhlasan dan tahun depan insya allah bertambah jumlahnya, aamiin.” Ungkap Darwinson.

Darwinson  juga mengatakan bahwa hewan qurban berasal dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) serta Pengawas dan Pegawai dilingkungan Disdik Kabupaten Batu Bara berjumlah 16 ekor dan 1 ekor diserahkan ke Pemkab.

Usai penyembelihan hewan qurban dilanjutkan dengan makan siang bersama keluarga besar Disdik dan awak media yang berkesempatan hadir bersama.

Hadir dalam kesempatan selain Kadisdik Ilyas Sitorus, Ketua Dharma Wanita Unit Disdik Roudhoh Br. Damanik, Sekretaris Darwinson Tumanggor, Kabid SD Basrah, Kabid SMP Danil,  Kabid PNFI Syafrial, Kasi Kasubbag serta Ketua K3S, MKKS SMP,  Kepala Sekolah SD dan SMP serta pengawas dan awak media cetak dan elektronik yang berkesempatan hadir bersama. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *