Pemprov, Pemkab/Kota Terus Berkolaborasi Tangani Covid-19

  • Bagikan

membaranews.com. (Medan)

 

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan, Kota Medan satu-satunya daerah di Sumatera Utara melaksanakan PPKM Level IV, 22 daerah PPKM Level III, 10 daerah Level II.

“Pemprov Sumut bersama Pemkab/Kota terus berkolaborasi menangani penyebaran Covid-19,” kata Wagub Musa Rajekshah pada Rakor Penanganan Covid-19 bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Jumat (6/8/2021).

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemprov dan Kabupaten/Kota terus berkolaborasi menyosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) 5M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Juga menggalakkan 3T yaitu tracing, testing dan treatment.

“Antusias masyarakat untuk vaksin terus meningkat. Bahkan kewalahan karena belum semua daerah bisa dipenuhi,” sebut Musa Rajekshah akrab disapa Ijeck.

Ijeck mengungkapkan Sumut sudah menyiapkan lokasi isolasi terpusat (isoter) di Asrama Haji dengan kapasitas tempat tidur mencapai 324 unit.

Kepala BNPB Ganip Warsito menekankan pentingnya kolaborasi sektor hulu dan hilir dalam penanganan Covid-19. Penanganan Covid-19 di Sumut sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan arahan pemerintah pusat dan Satgas. Namun permasalahan Covid-19 memang sangat kompleks terutama di sektor hulu dan hilir.

Hulu dan hilir harus bisa berkolaborasi. Sejauh ini sudah 200 lebih negara yang terpapar termasuk Indonesia.

Bila hulu dapat ditangani maka hilirnya juga tertangani.Pengendalian Covid-19 nanti dapat diubah dari pandemi menjadi endemi dengan strategi 3M dan minimal 1M yaitu masker. “Masker kewajiban sebagai alat pelindung utama diri karena penularannya melalui droplet,” ujar Ganip.

Strategi lainnya dengan capaian vaksinasi yang tinggi, karena tidak ada yang imun terhadap Covid-19. Selanjutnya mencegah penyebaran dengan 3T, karena hasil testing harus ditindaklanjuti,kata Ganip pada Rakor dihadiri Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Musthafa Nasution, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Forkopimda.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *