Ini Penilaian Tim Supervisi Pemprovsu Terhadap Desa dan Puskesmas Percontohan TP-PKK Batu Bara

  • Bagikan
Tim Supervisi Pemprovsu saat berkunjung dan melakukan penilaian Desa dan Puskesmas Percontohan binaan TP-PKK Batu Bara. (Foto:dokdiskominfobb)

membaranews.com-(Batu Bara)

Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menilai Desa dan Puskesmas percontohan binaan  Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batu Bara punya banyak potensi yang perlu dikembangkan.

Hal itu disampaikan M. Nirwan Subhan Nasution Ketua Tim Supervisi Pemprovsu, saat melakukan kunjungan dan penilaian Desa dan Puskesmas Percontohan di Batu Bara, pada Rabu (18/05/2022).

“Kami (Tim Supervisi) melihat banyak potensi-potensi yang ada, namun harus ditingkatkan lagi sebelum tahap monitoring dua bulan lagi, ungkap Nirwan saat memberikan arahan ke TP-PKK Batu Bara.

“Harapannya Kabupaten Batu Bara dapat bersaing ketat dengan PKK Kabupaten/Kota lainnya,” tutur Nirwan menambahkan.

Kedatangan tim supervisi pun disambut hangat oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang  diwakili Sekretaris Daerah, H. Sakti Alam Siregar, S.E, bersama Ketua TP-PKK Ny. Maya Indriasari Zahir, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara.

Dalam sambutannya H. Sakti Alam Siregar menyampaikan, menurut Bupati supervisi ini dilakukan untuk mengetahui terlaksananya 10 program pokok PKK di Kabupaten/kota. Di Batu Bara , khususnya di Desa dan Puskesmas percontohan yang mengikuti perlombaan ditingkat Provinsi.

Tak hanya itu, H. Sakti Alam Siregar mengatakan  dalam hal ini Bupati Zahir akan memberi dukungan dan bantuan kepada desa percontohan tahun 2022.

“Untuk mendukung Desa dan Puskesmas percontohan yang mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, kita akan lakukan pembinaan melalui OPD terkait. Dan kita akan beri bantuan kepada Desa-Desa percontohan”, ungkap Sakti.

Sementara itu Ketua TP-PKK Batu Bara, Ny. Maya Zahir menyampaikan harapannya agar TP-PKK mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten saling bersinergi untuk bisa menjadi wakil daerah dalam perlombaan Desa Percontohan tingkat Provinsi sesuai indikator perlombaan.

“Harapannya PKK Kabupaten Batu Bara dapat melakukan yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara. Mudah-mudahan kita dapat bekerjasama dari PKK desa, kecamatan dan kabupaten berkolaborasi untuk memperbaiki dan membenahi apa saja yang masih kurang untuk dapat memenuhi sesuai indikator perlombaan ini,” ungkap Maya Zahir.

Adapun Indikator penilaian yang dilakukan oleh tim supervisi provinsi meliputi Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK dan IVA Test, Kesrag PKK, KKBPK, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Posyandu.

Di Batu Bara ada 8 Desa dan 1 Puskesmas yang  menjadi peserta dalam lomba Desa dan Puskesmas Percontohan Tingkat Provinsi Tahun 2022.

8 Desa tersebut yakni, Desa Pahlawan, Kecamatan Tanjung Tiram sebagai desa tertib administrasi. Desa Lima Laras, Kecamatan Nibung Hangus sebagai desa PAAR. Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar sebagai desa UP2K. Desa Tanjung Prapat, Kecamatan Laut Tador sebagai desa Hatinya PKK. Desa Brohol, Kecamatan Sei Suka sebagai desa LBS. Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lima Puluh sebagai Desa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Desa Tanah Rendah, Kecamatan Air Putih sebagai Desa Posyandu. Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi sebagai desa Bangga Kencana. Dan Puskesmas yaitu, Puskesmas Sei Balai sebagai Instansi Puskesmas Percontohan IVA Test. (S)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *