Menuju Peparnas 2024, Disporasu dan NPC Sumut Siapkan Classifier Olahraga Disabilitas

  • Bagikan

membaranews.com (Medan)

 

Pentingnya Classifier sebagai tenaga keolahragaan yang bertugas melakukan klasifikasi kecacatan atlet sebelum bertanding.

Ini menjadi perhatian penuh Dispora Sumut dalam menyiapkan tenaga classifier  menghadapi Peparnas Sumut-Aceh tahun 2024

Itulah yang disampaikan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Disporasu M Tohir, S.Pd mewakili Kadisporasu Ir H Ardan Noor ketika membuka kegiatan Peningkatan Standarisas Tenaga Olahraga pada Pelatihan Clasifier NPC Sumut tingkat Nasional Dasar di Thongs Inn Hotel, Deliserdang, 20-25 September 2021

“Saat ini Sumut belum mempunyai tenaga classifier olahraga disablitas yang bersertifikat IPC. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh kandidat untuk selanjutnya dapat bertugas sebagai classifier di PON 2024″, kata Tohir, Senin sore (20/09/2021).

Tohir mengatakan , Peparnas sangat penting dan strategis dalam memberikan pesan kepada Propinsi lain akan ramah disabilitas.

Disporasu bersama NPC Sumut melakukan berbagai persiapan, diantaranya menyiapkan tenaga classifier. “Kita harus memiliki tenaga handal untuk Peparnas 2024”,ujarnya.

Sementara Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengucapkan terima kasih atas fasilitasi dari Disporasu untuk menyiapkan tenaga classifier.

Bahwa classifier merupakan gerbang utama bagi atlet untuk bisa bertanding di PON 2024 tanpa lulus klasifikasi maka atlet tidak dapat bertanding.

“Saya berharap para peserta memperleh ilmu sehingga bisa diberdayakan pada PON 2024″, ucap Tohir.

Ketua Pelaksana Pelatihan Classifier Maimun mengatakan , 50 peserta berasal dari latarbelakang tenaga medis dan akademisi. Peserta ada fisioterapi, perawat dan akademisi,” tambahnya.(Yofe)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *