Menteri Perindustrian RI Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia

  • Bagikan

membaranews.com (Pasuruan Jawa Timur)

 

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita secara virtual, Rabu (30/6/2021) meresmikan pabrik daur ulang plastik terbesar, tercanggih dan termutakhir berlokasi di Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Peresmian pabrik kerjasama Danone AQUA dan Veolia Indonesia ditandai penandatanganan plakat dan penekanan tombol dilakukan Menteri Agus Gumiwang.

Hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim Drajat Irawan, Senior Executive Vice President – Asia, Veolia, Christophe Maquet, CEO Veolia South East Asia, Sven Beraud-Sudreau, President Director of Danone-AQUA, Connie Ang.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung kehadiran pabrik daur ulang plastik kerjasama Veolia Indonesia dan Danone Aqua.

Agus Gumiwang berharap kehadiran pabrik daur ulang plastik ini menjadi bagian strategis dalam mendorong hadirnya industri hijau yang ramah lingkungan dan sebagai bagian dari Green Teknologi dan Green Ekonomi yang dicanangkan pemerintah.

Begitu juga Gubernur Jawa Timur dalam sambutan diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drajat Irawan mengapresiasi penuh peresmian pabrik daur ulang plastik Danone AQUA-Violia Indonesia.

“Ini menambah jumlah unit industri plastik yang beroperasi di Jawa Timur. Semoga bermanfaat untuk Jatim dan Indonesia,” ujar Drajat Irawan.

Sebelumnya, President Director of Danone-AQUA Connie Ang mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari komitmen untuk mengelola dan menanggulangi sampah plastik di Indonesia, dan secara khusus Veolia Indonesia bekerja sama dengan Danone-AQUA membangun pabrik daur ulang dan pemrosesan ulang botol PET (Polyethylene Terephthalate) terbesar di Indonesia yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut Connie Ang, pabrik ini dibangun sejak Maret 2019 di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dan luas bangunan 7.000 meter persegi dengan kapasitas produksi 25.000 ton/tahun plastik daur ulang PET standar keamanan pangan (food grade).

Usai peresmian dilanjutkan Diskusi Panel dengan moderator Andreas Wicaksono dari CNN. Tampil sebagai narasumber Novrizal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Karyanto Wibowo dari Danone AQUA, Xavier Juan dari Veolia Indonesia, dan Dr. Helmina Sembiring Lektor dari IPB.(Rel/Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *