KNTI Tanjungbalai – Asahan Desak Pemenuhan Hak – Hak Nelayan

  • Bagikan

membaranews.com (Tanjungbalai)

 

Hari Nusantara sangat penting maknanya bagi nelayan.Ini merupakan momentum untuk membangun pondasi pembangunan Indonesia berbasis kelautan yang mensejahterakan rakyat.

Yakni, meneruskan mandat dan Deklarasi Djuanda yang menegaskan bahwa laut menyatukan Indonesia mempertegas kedaulatan Bangsa serta memberi kemakmuran bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Demikian ditegaskan Ketua Harian DPD KNTI ( Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia) Tanjungbalai Imam Azhari melalui perwakilan DPD KNTI Tanjungbalai Al Mustaqim pada peringatan Hari Nusantara 2021 Tanjungbalai-Asahan dengan kegiatan Parade Perahu disepanjang perairan Sungai Asahan,aksi damai dan kegiatan sosial Senin (13/12/2021.

Al Mustaqim menegaskan, peringatan Hari Nusantara menjadi momentum bagi nelayan kecil tradisional untuk mendesak Pemerintah terus meningkatkan pemenuhan Hak- hak Nelayan.

Terdapat 3 catatan utama terkait dengan pemenuhan hak- hak nelayan. Pertama, pemenuhan akses dan ketersediaan BBM bersubsidi bagi nelayan kecil. Ketersediaan kuota BBM untuk nelayan kecil,saat ini Dinas Perikanan dan Kelautan masih mendata nelayan diatas 5 GT. Nelayan kita dibawah 5 GT masih belum dilayani di SPBN.

Untuk itu kami perlu dukungan Pemerintah Kota Tanjungbalai dan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Kedua, stop dan hentikan penangkapan ikan secara illegal/ pukat trawl.Ketiga ,DPD KNTI meminta pengaturan zona penangkapan ikan dilaut karena selama ini sering terjadi perkelahian antar nelayan seperti kasus nelayan kerang Tanjungbalai-Asahan dengan nelayan rangkul gurita di Tambun Tulang Batu Bara sampai saat ini masih sering terjadi,ujar Al Mustaqim

Plt.Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib mengatakan, peringatan Hari Nusantara momentum dalam memberikan penegasan bahwa negara Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia.

“Saya mendukung kegiatan nelayan dan terus berupaya menyahuti aspirasi nelayan Tanjungbalai.Mari kita bersama menjadikan momentum Hari Nusantara dengan bergotong- royong menguatkan wilayah maritim kita”, ujar Waris

Memperingati Hari Nusantara 2021 di Sumatera Utara dilaksanakan secara serentak di 5 Kabupaten/ Kota dengan bentuk kegiatan parade perahu dilaut ,aksi damai dan kegiatan sosial salah satunya dilaksanakan DPD KNTI Tanjungbalai- Asahan.( Rsp ).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *