Keberhasilan PAUD Tanggung Jawab Bersama Keluarga, Masyarakat, Pemerintah 

  • Bagikan

Maya Zahir :

membaranews.com (Batu Bara)

 

Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir mengatakan, keberhasilan PAUD dalam membina anak-anak sejak usia dini merupakan tanggung jawab bersama.

“Bila PAUD didukung bersama oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah tentu keberadaan PAUD dapai dirasakan masyarakat, kata Maya Zahir saat memberi. sambutan usai menyaksikan Pengukuhan Kelompok Kerja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini ( POKJA Bunda PAUD) Kecamatan Sei Balai oleh  Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Ny. Erlina Yusuf di Aula Top Hill Singapore City Land Hotel, Rabu sore (29/09/2021).

Bunda PAUD mengatakan, Pengukuhan Pokja Bunda PAUD salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Batu Bara meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak usia dini. Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menuangkan kewajiban tersebut didalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati” ungkap Maya.

Menurut Maya, rentang usia 0-6 tahun merupakan “ the golden ages” yaitu waktu yang tepat dalam membentuk karakter seorang anak. Berbagai kajian penelitian menyimpulkan selama masa ini pertumbuhan otak sedang pesat-pesatnya. Karena itu, PAUD merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Keluarga adalah pendidik pertama dan utama.sebagai basis pendidikan moral dan agama dan pelestarian nilai-nilai luhur,l bangsa ungkapnya.

Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus menyampaikan, Himpunan Pendidik Anak Usia Dini, merupakan tempat kita berkreasi untuk membangun budi pekerti, maka bimbinglah sesuai akhak dan asuhlah anak-anak sesuai budi pekerti,ujar Ilyas.

Ilyas mengajak.agar mewujudkan “Satu Desa Satu PAUD” yang menjadi binaan desa untuk membangun, mendidik anak usia dini agar menjadi generasi penerus yang berkualitas.

“Insya Allah Batu Bara BISA dan Cerdas Menuju Indonesia pintar,” ucap Ilyas.

Kadisdik juga mengajak OPD/Badan/Organisasi  terkait mempedomani layanan pendidikan harus diintegrasikan dan dilengkapi dengan layanan gizi, kesehatan dan pengasuhan serta perlindungan anak. Konsep keterpaduan ini adalag Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD-HI), sebut Ilyas.

Dalam pengukuhan tersebut dilaksanakan perjanjian kerjasama Disdukcapil dengan Pokja Bunda PAUD terkait pelayanan percepatan kepemilikan akte kelahiran dan identitas anak bagi peserta didik PAUD/TK sejenis di Kabupaten Batu Bara.(Rul)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *