FGD dan Pameran Ulos dan UMKM Bangkitkan Pariwisata Sumut

  • Bagikan

Peserta FGD digelar Komite Masyarakat Danau Toba.(Foto : Septian Hernanto)

membaranews.com (Medan)

 

KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba) sukses Gelar Forum Grup Discuccion (FGD), Pameran Ulos dan UMKM, di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan,Sabtu (5/2/2022).

Dalam FGD hadir Gubernur Sumut Edi Rahmayadi diwakili Staf Ahli Gubernur Binsar Situmorang, Direktur Utama BPODT Jimmi Panjaitan diwakili Dedi Siregar ,Bupati Tapanuli Utara / Koordinator KMDT Se – Kawasan Danau Toba Nikson Nababan, Bupati Samosir Vandiko Gultom, Ketua DPW KMDT Terpilih DPP KMDT Prof.Dr. Rer Nat Binari Manurung, M.Si, dan Prof Dr Sihol Situngkir, Prof Dr Maidin Gultom.

Ketua Umum KMDT, St Edison Manurung kepada Membaranews.com, Sabtu (05/2/2022) menuturkan, FGD tdilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kawasan Danau Toba, betapa pentingnya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat untuk lebih memperkenalkan wisata Danau Toba ke mancanegara.

“KMDT sebagai garda terdepan dalam mengembangkan wisata Danau Toba mencoba membangkitkan ekonomi kreatif melalui FGD .Tentunya, program dari Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Sandiaga Uno akan memberikan pencerahan bagai masyarakat kawasan Danau Toba sehingga untuk lebih kreatif lagi menciptakan kreasi – kreasi hasil dari kerajinan masyarakat. Sebab,pariwisata tak terlepas dari bangkitnya ekonomi kreatif melalui,” ucap Edison.

Menurut Edison, FGD akan dikemas secara apik oleh KMDT dengan Thema “Percepatan Destinasi Pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif” menampilkan narasumber yang kompeten.

Pada pelaksanaan FGD juga diadakan Pameran Ulos dan UMKM kerjasama dengan Dekranasda Sumut.

Pameran tenunan ulos sebagai bentuk kepedulian mengangkat kearifan lokal Sumatera Utara. Tenunan ulos UMKM diharapkan dapat meningkatkan ekonomi pengrajin ulos dan UMKM di Sumut.

Edison mengucapks terima kasih atas dukungan Ibu Gubernur Sumut Nawal Lubis atas digelar produk 10 UKM terdiri dari 6 binaan KMDT dan 4 dari Dekranasda Sumut.

Hasil FGD akan disampaikan sebagai masukan kepada Presiden Jokowi,tambah Edison

Pelaksanaan FGD menerapkan protokol kesehatan ketat.(Septo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *