Burhanuddin Nasution Resmi Dilantik Jadi Rektor UGN Padangsidimpuan Periode 2023-3037.

  • Bagikan

Ketua Pembina YADPI Sofyan Adil (kanan) melantik Burhanuddin Nasution (kiri) menjadi Rektor UGN Padangsidimpuan Periode 2023-2027, Senin (11/12/2023). (Istimewa)

Padangsidimpuan I membaranews.com

Dr.Drs Burhanuddin Nasution MPd resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan Periode 2023-2027.

Pelantikan berdasarkan SK Yayasan Dharma Bakti Pendidikan Indonesia (YADPI) Nomor : 022/Kpts/XII/2023 digelar dalam Sidang Senat Terbuka di Aula Kampus III UGN Padangsidimpuan Jalan Mandailing KM 5 Padangsidimpuan, Senin (11/12/2023).

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Rektor UGN Padangsidimpuan Burhanuddin Nasution oleh Ketua Pembina YADPI Sofyan Adil SP MM juga menjabat Sekda Tapsel selaku yayasan pengelola UGN Padangsidimpuan.

Hadir Bupati Tapsel diwakili Sekda Sofyan Adil, Pj Wali Kota Padangsidimpuan diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Parhimpunan Siregar, unsur Forkopimda Tapsel dan Padangsidimpuan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof Drs Saiful Anwar Matondang PhD, pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di Padangsidimpuan, pimpinan Bank di Padangsidimpuan, pimpinan BPJS Kesehatan Padangsidimpuan, pimpinan BPJamsostek Padangsidimpuan serta civitas akademika UGN Padangsidimpuan.

Rektor UGN Padangsidimpuan Burhanuddin Nasution menyampaikan ucapan terima kasih kepada YADPI atas amanah diberikan.

Disamping suatu kehormatan kata Burhanuddin, amanah ini merupakan suatu tanggung jawab besar mengingat UGN Padangsidimpuan adalah universitas yang didirikan tokoh-tokoh besar di Tapsel dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti Prof Andi Hakim Nasution mantan Rektor IPB, Prof Khoiruddin Lubis mantan Rektor USU merupakan salah satu pencetus ide UGN di Padangsidimpuan.

Dalam menjaga amanah ini, Burhanuddin akan terus menguatkan komitmen dan menjalin kebersamaan dengan seluruh civitas akademika dan stakeholder untuk menjadikan kampus UGN Be Excellent (menjadi luar biasa), terpercaya dan berdaya saing ditengah-tengah masyarakat dapat diwujudkan.

Bupati Tapsel diwakili Sekda Sofyan Adil mengucapkan selamat dan berharap dapat membawa UGN Padangsidimpuan menjadi lebih baik ke depan. Amanah dipercayakan dapat diemban sebaik-baiknya dengan penuh kerja keras dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Selain pengembangan atmosfir akademik kata Bupati, juga harus ditingkatkan karya-karya penelitian dan inovasi terbaik bagi bangsa dan negara.

Bupati menyebutkan, ke depan UGN dapat berorientasi pada lapangan pekerjaan, dunia usaha dan industri serta perkembangan dunia pendidikan lain yang dinilai dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Mampu berdaya saing sehingga menjadi universitas yang sejajar dengan universitas-universitas lain.

“Peran PT sangat diperlukan terutama UGN yang nantinya akan melahirkan SDM unggul untuk bersaing di kancah global,” sebut Bupati.

Bupati juga berharap, seluruh kalangan baik di universitas dapat bersatu untuk membangun visi-misi pembangunan Kabupaten Tapsel yaitu yang maju berbasis sumber daya manusia pembangun yang unggul, sehat, cerdas dan sejahtera serta sumber daya alam yang produktif dan lestari.

Bupati menegaskan, pelantikan ini menjadi momentum tepat bagi jajaran UGN menyamakan visi dan misi menjadikan UGN memiliki daya saing tinggi baik secara nasional maupun global untuk menciptakan manusia berkualitas dan berintegritas.

“Kita sama-sama berharap ke depan agar dapat bersinergi antara Pemkab Tapsel dengan UGN terutama dalam membangun sumber daya manusia berkualitas, unggul dan berdaya saing,” ujar Bupati.

Pemkab Tapsel akan selalu terbuka untuk menjadikan Tapsel sebagai tempat riset dan tempat kajian pembangunan.

Pj Wali Kota Padangsidimpuan diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Parhimpunan Siregar mengatakan, UGN wujud kesatuan kolektif bagi segenap insan intelektual berdedikasi tinggi dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi serta sosial humaniora melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam perjalanan kiprahnya kata Pj Wali Kota, UGN telah berkontribusi melahirkan banyak pemimpin di berbagai area kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di wilayah Tapanuli Bagian Selatan.

Pj Wali Kota mengutarakan, UGN merupakan wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan intelektual dan kebudayaan dengan atmosfir akademik yang terbuka terhadap pertukaran gagasan, pemikiran kritis dan kuisioner disertai sikap menjunjung tinggi kebebasan akademik dalam keanekaragaman keilmuan dan budaya.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof Drs Saiful Anwar Matondang PhD menyampaikan selamat dan berharap dapat mengemban amanah dengan baik. (Borneo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *