Bupati Zahir : Sambil Gotong Royong, Sapa Dengarkan Keluh Kesah Masyarakat Kuala Sipare

  • Bagikan
Bergotong royong bersama masyarakat Kuala Sipare Desa Medang, Bupati Zahir dengarkan keluh kesah masyarakat. (Foto:dokdiskominfobb)

membaranews.com -(Batu Bara)

Bupati Kabupaten Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan di Dusun Kuala Sipare Desa Medang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, pada Jumat (16/09/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakkan Bulan Bhakti Gotong Royong bersama masyarakat, untuk tetap menjaga budaya asli bangsa Indonesia melalui kegiatan gotong royong yang dilandasi rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan kerjasama.

Dalam kegiatan itu Bupati Zahir juga didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE., Sekda Batu Bara, Asisten I Setdakab Batu Bara, Kadis PMD, Kadis PUPR, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kadis Sosial P3A, Camat Medang Deras dan Kepala Desa Medang.

Disana, Bupati Zahir tak hanya melakukan kegiatan bersih-bersih saja, namun disela waktu bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar dusun, Bupati menyapa masyarakat dan mendengarkan keluh kesah mereka.

“Sambil bergotong royong kita mencari apa keluhan dan masalah-masalah masyarkat desa terutama di Dusun Kuala Sipare ini,” ujar Bupati Zahir.

Masyarakat di Kuala Sipare pun menyampaikan keluh kesah mereka langsung ke Bupati, terkait wilayah Dusun mereka yang telah mengalami abrasi selama puluhan tahun, dan banyak rumah yang sudah tenggelam menjadi laut.

Tak sampai disitu, masyarakat Dusun Kuala Sipare juga menyampaikan soal status lahan yang mereka tempati itu adalah lahan milik negara, dan mereka takut nanti tergusur tidak memiliki lahan tempat tinggal lagi.

Mendengar hal itu, Bupati Zahir akan minta ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengukur tanah di Kedua Dusun itu dan masyarakat disana bisa memiliki dasar hukum yang jelas untuk tinggal di tanah milik negara.

“Kita minta kepada BPN ikut mengukur tanah agar mereka punya dasar untuk tinggal di tanah milik negara, sehingga memiliki dasar hukum yang legal,” ucap Bupati Zahir.

Tercatat puluhan Kepala Keluarga di Dusun Kuala Sipare dan Juga Dusun Pematang Eru Desa Medang mendirikan rumah di benteng sungai dan lahan milik negara.

Dalam kegiatan itu juga Bupati Zahir menyerahkan bantuan alat kebersihan dan bantuan pendukung lainnya kepada masyarakat Dusun Kuala Sipare.

Penyerahan alat kebersihan oleh Bupati Zahir kepada Pj. Kepala Desa Medang. (Foto:dokdiskominfobb)

Adapun bantuan yang diserahkan berupa mesin pemotong rumput, cat, bibit ubi jalar ungu, serta alat kebersihan seperti sapu lidi, tempat sampah, angkong, dan serok sampah.

Bantuan yang diserahkan diharapkan berguna untuk kegiatan bersih-bersih di Dusun itu, sehingga lingkungan yang bersih dan sehat tetap terjaga.

Untuk diketahui bahwa Desa Medang, Kecamatan Medang Deras ini merupakan Desa percontohan binaan TP PKK Batu Bara  melalui Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita  menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) Tahun 2022.

Berkaitan dengan program binaan tersebut Bupati Zahir bersama TP PKK akan menjadikan Desa ini sebagai desa wisata bertajuk kampung pelangi.

Untuk itu Bupati berharap Dukungan penuh dari masyarakat disana, yang mana hal ini nantinya dapat menambah pendapatan masyarakat Desa Medang. (**S**)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *